Plt Wali Kota Terima Kunjungan Silaturahmi Ketua Umum PB MABMI Dato’ Seri H Syamsul Arifin

Daerah517 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//TANJUNG BALAI. Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Melayu Indonesia (PB MABMI) Dato’ Seri H Syamsul Arifin melakukan kunjungan silaturahmi dengan pemerintah Kota Tanjung Balai, semua Etnis dan tokoh agama Kota Tanjung Balai yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Jl Sudirman, Tanjung Balai, Kamis (13/1/2022)

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tanjung Balai H Waris Thalib langsung menyambut Tokoh yang bergelar Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah Putera Melayu Sahabat Semua Suku itu dengan penuh kehangatan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Balai bahkan melaksanakan jamuan makan khas melayu dan acara seremoni penyambutan dari mulai pencak silat, tarian persembahan dan unsur resam adat melayu.

Ketua Umum PB MABMI  Syamsul Arifin yang merupakan Gubernur Sumatera Utara ke-15 itu datang ke kota kerang didampingi istri tercinta Datin Hj Fatimah Habibi, Ketua PD MABMI Tanjung Balai Hj Delima serta beberapa Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah.

Plt Wali Kota Tanjung Balai menyampaikan dalam sambutannya pemerintah kota Tanjung Balai akan mengangkat kembali citra sejarah kebudayaan Melayu untuk dikenal oleh generasi Tanjung Balai dimasa depan.

“30 persen lebih jumlah penduduk populasi Melayu di Tanjung Balai. Walaupun saya suku Jawa dan Ketua Pujakesuma. Tapi saya ingin Melayu ini tetap hidup dan berkembang. Jangan sampai generasi anak muda lupa dengan Melayu, karena bumi Tanjung Balai adalah Bumi dan tanah Melayu,” ucap Waris.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan PD MABMI Tanjung Balai khususnya, harus bekerjasama merealisasikan program dan gagasan Pemkot Tanjung Balai untuk menghidupkan kembali kesejarahan Melayu di kota yang kita cintai ini.

Kota Tanjung Balai akan membuat museum melayu dengan segala adat budaya pernak perniknya di Tanjung Balai. Sudah kita arahkan itu difungsikan nanti pada Bangunan Bersejarah. Dinas Pendidikan sedang memprosesnya.
Saya juga punya niat ada 3 istana peradaban Melayu harus kembali berdiri kokoh di Tanjung Balai,” kata Waris menegaskan.

“Anak anak Tanjung Balai para pelajar akan dibawa kesana untuk mengenalkan Melayu dan kita akan membuat Sayembara pertunjukan terkait kekayaan Melayu dari mulai tarian, nyanyian dan lain lain.

Plt Wali Kota Waris juga mengungkapkan rasa gembira dan bahagia dapat menerima silaturrahmi dengan Dato’ Syamsul Arifin.

“Terima Kasih kepada Dato’ yang sudah berkenan hadir di Tanjung Balai. Semoga kehadiran Dato’ membawa keberkahan bagi Tanjung Balai”, pungkas Waris.

Selain ramah tamah makan bersama, silaturahmi tersebut diisi dengan pemberian penghargaan dari MABMI kepada Plt Wali Kota dan Pemkot Tanjung Balai memberikan cinderamata kepada Dato’ Syamsul Arifin. Kemudian tak lupa para hadirin undangan antusias berfoto bersama.

 

D.M.P.Sinurat/S T H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *