1.144 Personel Siap Amankan Pilkades Serentak Kabupaten Bandung

Daerah504 Dilihat

KAB.BANDUNG//reformasiaktusl.com-Sebanyak 1.144 personel yang terdiri dari 667 unsur Polresta Bandung, 210 Polda Jabar dan 267 dari instansi lainnya siap mengamankan perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Bandung pada 20 Oktober mendatang.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menuturkan, penerjunan sejumlah personel tersebut dalam rangka menjaga kondusifitas penyelenggaraan pesta demokrasi di 49 desa pada 24 kecamatan.

“Untuk tanggal 20 nanti alhamdulillah semuanya sudah matang. Bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan unsur kecamatan, kami sudah melakukan evaluasi, baik dari kesiapan personel hingga capaian vaksinasi di setiap daerah,” ungkap Bupati Dadang Supriatna seusai menghadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Dome Balerame, Soreang, Senin (18/10/2021).

Dirinya juga menyampaikan, vaksinasi di desa penyelenggara pilkades hampir mencapai 70 persen.

“Saya merasa tenang, karena ada beberapa desa yang pelaksanaan vaksinnya mencapai 60 persen, bahkan ada yang sudah 70 persen,” terang orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu.

Pada kesempatan tersebut, bupati yang akrab disapa Kang DS itu mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan pilkades, dan mengimbau untuk ikut menjaga keamanan wilayah.

“Tanggal 20 nanti adalah hari libur. Jadi, silakan datang ke TPS, tentunya dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan, agar pilkades serentak dapat dilaksanakan dengan sukses tanpa ekses,” imbau Kang DS.

Sementara itu, Kapolresta Bandung Hendra Kurniawan menjelaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan jajaran TNI dan pemerintah daerah untuk mempertahankan kondusifitas pada daerah penyelenggara pilkades.

“Terkait pengamanan, kami koordinasi dengan Pak Dandim agar kondisi di luar sana kondusif. Sebagaimana kita lihat, sekarang kekuatan kurang lebih sekitar 700an, ditambah lagi nanti dari Brimob dan Sabhara Polda. Personel yang ada akan kita maksimalkan. Sehingga wilayah yang sudah kondusif seperti sekarang ini, kita pertahankan tetap kondusif,” terang Hendra.

Tingkat kerawanan pada pelaksanaan pilkades, lanjut Hendra, cukup tinggi. Oleh karenanya ia beserta jajarannya akan memberikan perhatian pada 49 desa penyelenggara pilkades.

“Saya mengkategorikannya semua harus diperhatikan. Karena di desa itu tingkat kerawanannya cukup tinggi, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kami juga harus memberi perhatian kepada semua kontestan di semua desa. Prokes (protokol kesehatan) juga akan kami tingkatkan, salah satunya besok akan ada swab antigen bagi petugas keamanan atau petugas penyelenggara untuk memastikan dalam kondisi sehat,” pungkas Kapolresta Bandung.

 

(Eri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *