Revitalisasi dan Penataan Situ Wangi Menuju Destinasi Multifungsi

 

Reformasiaktual.com//CIAMIS- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air UPTD Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Citanduy tahun ini sedang melaksanakan revitalisasi dan penataan kawasan destinasi wisata air di Jawa Barat untuk dijadikan sebagai pilot project penataan kawasan multifungsi. Salah satunya yakni penataan Situ Wangi yang terletak di wilayah Priangan Timur tepatnya di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Sehingga di harapkan akan menjadi destinasi unggilan di Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Propinsi Jawa Barat, Dicky Ahmad Sidik menuturkan penataan yang dilakukan di Situ Wangi itu terutama bagian sempadan danau. Penataan ini bertujuan untuk menjadikan Situ Wangi menjadi wisata yang menarik di wilayah Priangan Timur.

Di sempadan danau itu di bangun gazebo, akses jalan, menara selfie, taman, area parkir, gapura, amfiteater anjungan dan sarana lainnya. Luas area Situ Wangi mencapai 5 hektar.

“Jadi nantinya disebut Destinasi Wisata Multifungsi. Air baku dapat, pariwisata dapat, olahraga dapat dan rekreasi nya dapat. Target tahun ini selesai”, kata Dicky.

“Ini untuk objek wisata, prinsipnya ditata ini juga sebagai salah satu untuk melestarikan lingkungan. Karena dengan lingkungan bersih tertata rapih masyarakat akan berpikir lagi untuk membuang sampah sembarangan. Menikmati kondisi wisata berbasis air yang bersih semoga masyarakat tidak buang sampah ke danau”, lanjutnya.

Proyek Pekerjaan Revitalisasi dan Penataan Situ Wangi dilaksanakan oleh PT. Gelora Megah Sejahtera sebagai kontraktor pelaksana yang beralamat di dan CV. Teknoyasa Konsultan Indonesia sebagai konsultan supervisi. Anggarannya sebesar Rp. 11.239.279.809.00,- sumber dana dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021 mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat setempat.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyambut baik atas penataan Situ Wangi, berterima kasih kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Penataan dan revitalisasi Situ Wangi ini memiliki arti penting dalam upaya untuk pelestarian dan ketersediaan air baku serta menjadi kegiatan destinasi wisata di Kabupaten Ciamis yang dapat mendorong peningkatan aktivitas dan perekonomian bagi masyarakat.

“Semoga revitalisasi dan penataan Situ Wangi ini bermanfaat terutama menjadi salah satu wisata primadona dan dapat menggerakan perekonomian masyarakat”, katanya.

Obyek wisata Situ Wangi Ciamis akan menjadi sebuah destinasi multifungsi. Mulai dari ketersediaan air baku, rekreasi, wisata legenda hingga olahraga. Situ wangi bisa digunakan atlet dayung atau kayak untuk berlatih bahkan dipakai event lomba.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Winduraja H. Endang Suryana mengatakan sangat senang dan berterima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang telah melerdulikan dan menata Situ Wangi, semoga sangat bermanfaat untuk pelestarian lingkungan. Karena itu kamu mengucapkan Terima kasih kepada Dinas Sumber Daya Air Propinsi Jawa Barat dan UPTD Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Citanduy serta PT. Gelora Megah Sejahtera yang sedang mengerjakan proyek Revitalisasi dan Penataan Situ Wangi tersebut. Kami berharap semoga keberhasilan direalisasikan proyek ini akan berlanjut pada kegiatan pembangunan lain di wilayah kami.

Kang Okky sebagai pelaksana dari PT. Gelora Megah Sejahtera menuturkan pada Reformadiaktual.com “Kami sangat bangga bisa ikut serta terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan revitalisasi dan penataan Situ Wangi Ciamis, selain mendapat paket pekerjaan, kami juga ingin berkontribusi terhadap masyarakat Kabupaten Ciamis tentunya dengan melaksanakan pekerjaan ini sesuai prosedur dan menjaga kualitasnya agar hasilnya memuaskan.

“Pelaksanaan kegiatan revitalisasi dan penataan Situ Wangi insya Allah sesuai rencana. Dalam pengerjaannya semoga bisa segera tuntas tanpa kendala dan selesai tepat waktu sesuai kontrak”, tandanya.

Kepala UPTD Pengelolaan Sumber Daya Air, Bapak Elfan kepada Reformasiaktual.com di Ruang Kerjanya menjelaskan Pelaksanaan Pekerjaan Revitalisasi dan Penataan Situ Wangi di Desa Winduraja Kecamatan Kawali bertujuan untuk menjadi Wisata Multifungsi di Wilayah Priangan Timur. Kami juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Ciamis untuk bersama-sama menjaga, merawat dan mensukseskan pembangunan ini agar pelaksanaannya sesuai dengan harapan kita bersama dan hasilnya dapat di nikmati masyarakat serta dapat meningkatkan produktifitas perekonomian.

(Ajat Sudarjat)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *