KERAJINAN LOKAL DAUR ULANG ALUMUNIUM DARI DESA PASRIKIAMIS GARUT

 

Reformasikatual.com // Garut- Pasirkiamis merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Permukiman Kampung Pasirkiamis, sekilas memang tampak tidak jauh berbeda dengan pemukiman lain yang berada di dataran tinggi Kabupaten Garut.

Desa Pasirkiamis memang memiliki potensi yang cukup baik sehingga akan membantu terhadap lajunya pertumbuhan ekonomi masyarakat itu sendiri. Dengaan demikian kesejahtraan masyarakat Pasirkiamis akan seimbangkan dengan daerah lainnya di Kabupaten Garut.

Salah satunya kerajinan tangan alat masak yang terbuat dari aluminium yang didaur ulang, dan ini adalah kerajinan tangan yang turun menurun dari leluhur para sesepuh desa pasirkiamis terdahulu.

Tim reformasi aktual.com, mencoba lebih dalam untuk mendapatkan informasi seakurat mungkin dengan menemui salah satu pengrajin, dan kami berkesempatan menemui ibu Euin Aisah, salah satu pengrajin yang cukup terkenal di Desa Pasirkiamis. Rabu, 01/12/2021

Beliau juga merupakan pengembang dan penggagas kerajinan tangan ini agar lebih berinovasi, baik dari segi produk maupun pemasaran, ibu Euin Aisah yang sering di sapa warga Ceu Euin menuturkan kepada Reformasi aktual.com, untuk mempromosikan produk-produk tersebut Ceu Euin ini sering mengikuti berbagai seminar yang diadakan oleh Pemda maupun swasta. Ceu Eeuin pun mencoba mengembangkan pemasaran dengan cara online dibeberapa marketplace, seperti Tokopedia dengan nama akun SANMA LOGAM GARUT.

Ibu Euin Aisah atau Ceu Euin ini menyampaikan kepada kami, produk kerajinan yang turun menurun ini perlu adanya campur tangan pemerintah, Ceu Euin berharap pemerintah memberikan support permodalan baik itu edukasi pelatihan dan pemasaran. Ceu Euin mengajak masyarakat sekitar menumbuh kembangkan potensi kerajinan lokal ke arah yang lebih baik.

 

(Eri)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *