Plt Gubernur Sulawesi Selatan Bantu Korban Gempa Uang Tunai Rp 8 Miliar

Daerah499 Dilihat

 

Reformasiaktual.com// KEPULAUAN SELAYAR( Sulsel )- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk para korban getaran gempa bumi di Kecamatan Pasi’lambena dan Pasi’marannu Kepulauan Selayar yang terjadi di Larantuka – Meumere Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12/21) sekitar pukul 11.20 Wita menjelang siang. Plt Gubernur Sulsel sudah mentransfer uang tunai melalui Kas Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Selayar untuk penanggulangan bencana korban gempa yang berkekuatan 7,4 Magnitudo dikedalaman 10 km.

Saya hanya berharap bantuan untuk penanganan bencana dan kedaruratan korban gempa 7,4 Magnitudo dapat dimanfaatkan dalam upaya pemulihan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan masyarakat khususnya yang terdampak dan menjadi korban serta dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan akuntabel” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Ali Yathas, ST yang dihubungi via selulernya malam ini, Sabtu (18/12/21) sekitar jam 18.45 Wita membenarkan jika anggaran senilai Rp 8 miliar ini sudah ditransfer melalui Kas Pemda Kepulauan Selayar siang tadi. Adapun peruntukannya akan dimanfaatkan untuk merehabilitasi dan memperbaiki diantaranya rumah penduduk, sekolah, rumah ibadah, dermaga serta sejumlah fasilitas umum lainnya yang mengalami kerusakan akibat diterjang gempa bumi didua wilayah kecamatan pulau di Selayar. Tersisa Pemda Kepulauan Selayar yang mengatur itu. Dan kita akan kawal pemanfaatan anggaran itu. Termasuk pertanggungjawabannya.” kata dia.

Ia juga menyebut jika Plt Gubernur Sulsel batal ke Selayar hari ini akibat helikopter yang hendak digunakan mengalami kerusakan. Sehingga kemungkinannya terpaksa harus melalui jalan darat dari Pelabuhan Bira Bulukumba ke Selayar. Rencananya juga akan melakukan peninjauan langsung ke lokasi dan korban gempa didua wilayah kecamatan pulau.” imbuhnya.

Selain itu, mantan Kepala Dinas PTSP Kepulauan Selayar yang kini sudah menjadi staf ahli bupati, Hj Rosmiati Tibu kepada media ini mengaku telah menyerahkan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 11 juta yang akan digunakan untuk memperbaiki Masjid Jami At Taqwa Bonerate di Desa Bonerate Kecamatan Pasi’marannu Kepulauan Selayar. Bantuan itu merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Benteng Selayar Angkatan 90 terhadap rumah ibadah berupa masjid di Bonerate yang terkena dampak bencana gempa bumi Larantuka di Pasi’marannu.

Bantuan itu telah kami serahkan kepada Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H Saiful Arif, SH saat sedang persiapan ke Pelabuhan Laut Rahman Benteng di Rumah Jabatan Wabup Jl Jenderal Sudirman Benteng untuk selanjutnya diserahkan kepada Panitia Pembangunan Masjid Jami At Taqwa Bonerate. Saat penyerahan kami didampingi oleh Asmi dan Nur Jannah sebagai perwakilan dari semua alumni SMA Benteng Selayar Angkatan 90 yang telah berkontribusi secara ikhlas.”‘papar Hj Rosmiati Tibu via WhatsAppnya malam ini.

(M. Daeng Siudjung Nyulle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *