Kudapan Khas Lampung Yang Unik dan  Lezat,Pada Acara Nujuh Hari di Marga Sebatin Semaka

KULINER395 Dilihat

 

 

Reformasiaktual.com//LAMPUNG-Gulai Gabing masakan Gulai dari Lampung, Sobat Traveller selama ini kita biasa mengenai gulai berbahan baku ayam atau daging tapi ketika kita mencoba makan Khas Lampung ada nih Gulai Khas Lampung yang bernama “Gabing” Tapi apakah ada yang tau Gabing ?

Gabing/kabing  adalah gulai khas Lampung yang langka karena sulitnya untuk mendapatkan bahan baku utama makanan ini, sehingga jarang ditemui mungkin masih bisa dijumpai ditempat-tempat acara adat lampung atau jika kamu ingin mencobanya bisa minta di buatkan sama orang Lampung nya sendiri itu pun kalo bahan nya ada.

Gabing merupakan makanan yang bahan baku utamanya terbuat dari pucuk daun kelapa, atau bakal daun serta buah kelapa yang masih muda dan berada di bagian dalam paling atas pohon kelapa. Bagian batang kelapa ini merupakan cikal bakal buah ataupun pelepah daun kelapa, biasanya masih berwarna putih kekuningan di campur dengan santan biasanya dijadikan gulai, bener sobat Traveller gulai gambing  lembut dan rasanya gurih lo….satu piring sepertinya kurang kalo saya makan dengan gulai gabing.

Tapi sayang banget gulai gabing khas Lampung ini sudah sangat langka dan jarang tersedia, mengapa Gulai Kabing kini sangat sangat langka?….

Karena sulitnya mendapatka bahan bakunya, untuk membuat satu “belanga”kuali besar, gulai gabing/kabing ini, harus menebang setidaknya satu pohon kelapa dan butuh setidaknya lima tahun sebelum pohon kelapa tersebut bisa diambil kabing nya dari sejak ditanam.

Belum lagi pertimbangan masyarakat setempat menilai bahwa pohon kelapa akan lebih menghasilkan bila dibiarkan hidup untuk diambil buahnya ketimbang ditebang untuk diambil kabingnya untuk satu kali makan. hmmm bener juga sih tapi kalo bukan kita siapa lagi yang menjaga warisan budaya leluhur.

Tapi sobat Traveller Gak perlu kawatir budaya serta adat yang masih menggunakan Gulai Kabing ini masih bisa kita jumpai pada acara nujuh hari di Marga Sebatin Disemaka yang memang mengharuskan Ngabing atau gulai kabing pada acara nujuh hari kalau ada yang meninggal dunia.

Mungkin Gabing/kabing  makanan paling langka di dunia sekarang ini kalo sobat Traveller pernah nyobain gulai gabing khas Lampung pasti ketagihan oleh rasanya yang khas dan kamu menjadi orang yang beruntung di jaman sekaran dapat merasakan Gulai Gabing Khas Lampung yang sudah sangat langka untuk di temui ini

Kalo Sobat Traveller berkunjung ke Lampung coba cari tau deh mungkin kamu beruntung dapat merasakan masakan lezat Gulai Gabing Lampung.

 

(Sukri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *