Perkuat Perkembangan Perpustakaan, Ini Kata Mirza Dallyodi Tentang Raperda Perpustakaan

Daerah489 Dilihat

 

 

Reformasiaktual.com//Belitung – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Mirza Dallyodi, sebut Perpustakaan akan diperkuat, Senin (21/2/2022)

Hal ini, ia sampaikan usai Rapat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggara Perpustakaan. Khususnya untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung. Di Gedung DPRD.

“Perda ini menguatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam hal membuat perencanaan, kegiatan, evaluasi tentang kegiatan Perpustakaan kabupaten Belitung,” ujarnya.

Dengan adanya Perda ini nantinya, maka dasar hukum perpustakaan daerah untuk melakukan kegiatan akan lebih jelas. Dan juga hal ini sebut Mirza merupakan salah satu syarat akreditasi perpustakaan.

“Dalam hal ini saya dan tim berusaha membuat Perda Perpustakaan ini yang mempunyai nilai inovasi. something of different dari pada yang lain.

Dengan Perda ini juga, sebut Mirza, mereka ingin nantinya perpustakaan Belitung akan menjadi acuan dari seluruh Perpustakaan Kabupaten di Indonesia.

Perbedaan yang Mirza sebutkan untuk perpustakaan di Belitung ini salah satunya ada literasi tentang Geopark.

“Jadi mungkin kawan-kawan ingin meneliti, menjadi sebuah karya, atau mencari data-data untuk jadi sebuah naskah, ataupun yang lainnya, nanti kita bisa himpun di perpustakaan,” katanya.

Di perpustakaan itu juga nantinya akan ada pelestarian naskah kuno, seni budaya. Hal ini kata Mirza merupakan wadah agar generasi selanjutnya bisa memahami sejarah.

“Sehingga nanti dak jenuh urang. Di situ ada kegiatan-kegiatan yang mengundang daya tarik masyarakat untuk datang ke perpustakaan,” tukasnya.

Selain itu juga, pada isi Perda tersebut nantinya, Perpustakaan akan mengikuti perkembangan teknologi informasi. Karena menurut Mirza, dengan teknologi informasi ini akan lebih memudahkan masyarakat untuk membaca. Walau si pembaca tidak datang ke perpustakaan.

 

Febriansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *