Audensi Bujang Enton dan Mulli Enton Kebandakhan Talang Padang, Bupati Harapkan Selalu Eksis Untuk Tanggamus

Daerah662 Dilihat

 

Tanggamus,Reformasiaktual.com – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Menerima Audiensi dari Bujang Enton dan Mulli Enton Kebandakhan Talang Padang Marga Gunung Alip yang membawahi Mulli Mekhanai 27 Penyimbang Adat. Kamis(7/4/22).

Audensi tersebut diterima langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani di Rumah Dinas Bupati Kecamatan Kotaagung.

Ikut hadir mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah Drs. Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Pemerintahan Faturrahman, Sekwan DPRD Sabaruddin, Bu Mei dari Dinas Pariwisata.

Hadir peserta audensi, Suttan Paksi Marga Bandakh Gunung Alip, tokoh adat, serta Mulli Mekhanai kebandakhan Talang Padang Marga Gunung Alip.

Dalam Kesempatan tersebut, Suttan Paksi Marga Bandakh Gunung Alip, yang mewakil mulli mekhanai, ia menyampaikan Visi dan misinya untuk menyatukan mulli mekhanai kebandakhan talang Padang, mempererat mulli mekhanai talang Padang Marga gunung Alip, dan tujuannya melestarikan adat budaya Talang Padang karna beberapa tahun yang lalu sempat vakum.

“Kami juga siap untuk ikut membangun Tanggamus, kami berharap mulli mekhanai kebandakahn Talang Marga Gunung Alip agar dilibatkan dalam program yang ada di Tanggamus khususnya kegiatan adat budaya,”Ujar Suttan Paksi

Kemudian Suttan Paksi juga berharap, agar kegiatan adat dan budaya dapat bersinergi dengan Pemkab Tanggamus.

“Ini semua supaya anak anak muda kita bisa mempunyai kegiatan yang positif,”Pungkasnya.

Dalam Kesempatan yang sama Bupati Hj. Dewi Handajani, ia menyampaikan Forum mulli mekhanai kebandakhan Galang Padang Marga Gunung Alip harus diaktifkan kembali.

“Bunda berharap agar bergerak untuk membangkitkan lagi adat budaya Lampung, Eksistensinya harus melestarikan adat budaya agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman,”Kata Bupati

Lalu Bupati juga menjelaskan, dengan adanya mulli mekhanai kebandakhan talang padang diaktifkan kembali otomatis akan membangkitkan seni budaya daerah.

“Bunda mengapresiasi dan siap mendukung dan kami jug punya program dan harapan terkait dengan budaya,”Jelas Bupati

Kemudian Bupati juga berharap setiap kegiatan adat agar mulli mekhanai dilibatkan, Serta aktif melakukan pembinaan kegiatan yang sifatnya positif, sebagaimana keberadaan mulli mekhanai kebandakhan Talang Padang tersebut dapat bereksistensi terkait program Tanggamus.

“Seperti sosialisasi masalah pandemi Covid-19 kepada masyarakat, UMKM nya, kegiatan sosial dan program lainnya harus berjalan,”Tutupnya.

 

( Sukri )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *