Polres Tanjung Balai Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Toba 2022”

TNI/Polri600 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//TANJUNG BALAI- Polres Tanjung Balai melaksanakan apel gelas pasukan operasi Kepolisian terpusat Ketupat Toba 2022 di lapangan utama Mapolres Tanjung Balai, Jumat (  22 / 04 / 2022 ), sekira Pukul 08.15 Wib.

Dengan tema melalui gelar pasukan operasi ketupat toba – 2022, wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 Di wilayah Kota Tanjung Balai.

Amatan di lapangan Pejabat apel gelar pasukan yaitu sebagai Perwira apel Kasat Lantas AKP H.W. Siahaan S.H. dan Komandan Apel KBO Sat Lantas Iptu E. Simanjuntak. Apel gelar pasukan operasi ketupat toba 2022 Polres Tanjung Balai dipimpin oleh Plt. Walikota H. Waris Thalib, S.Ag., M.M.

Setelah dilaksanakan tertib acara apel gelar pasukan operasi ketupat toba 2022
Perwakilan penyematan pita tanda operasi oleh Plt. Walikota Tanjung Balai didampingi Kapolres Tanjung Balai, Perwakilan Dandim 0208 Asahan dan Perwakilan Danlanal TBA. Lalu Plt. Walikota Tanjung Balai membacakan Amanat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2022 dari Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. yang berbunyi sebagai berikut,

“Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Iddul Fitri 1443 Tahun 2022 pada Tanggal 2 dan 3 Mei dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada Tanggal 29 April dan Tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022. Berbeda dengan Idul Fitri Tahun lalu, pada tahun ini Pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” Kata PLT Walikota.
“Kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi covid-19 menjelang, pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 sehingga diperlukan langkah- langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H Tahun 2022,” tambahnya.

“Strategi penguatan untuk mengendalikan penyebaran covid-19 menjelang, pada saat dan sesudah Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 harus dapat dilaksanakan dengan baik dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut : Melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan 3 M,” ucap PLT Walikota.

“Mendorong  pengelola tempat wisata untuk memastikan aplikasi peduli lindungi terpasang dan harus benar-benar digunakan. Melaksanakan penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah Idul Fitri di masjid- masjid maupun di lapangan. Mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi agar masyarakat pengguna moda transpormasi  terlindungi dari bahaya penularan covid 19.” Sebutnya lagi.

“Melakukan testing, tracing dan treatment terhadap kasus kasus yang terkonfirmasi covid-19. Bersama satgas covid 19, TNI dan Pemerintah daerah untuk melakukan isolasi mandiri, isolasi terpusat atau perawatan di rumah Sakit rujukan sesuai dengan standart yang ada,” Jelas nya.

“Melaksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan pelayanan vaksinasi serta isolasi sementara di pos pelayanan (Posyan). Melakukan percepatan program vaksinasi terutama pada Kab / Kota yang belum mencapai target,” terang Kapolri yang dibacakan PLT Walikota Tanjung Balai.

“Melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup gate tol, one way, ganjil-genap pada jalan tol maupun ruas jalan tertentu saat arus mudik/ balik maupun jalan-jalan menuju tempat wisata dan sosialisasi melalui media secara masif sehingga masyarakat dapat mengatur rencana perjalanan,” Jelas nya lagi

“Pada kesempatan ini kepada ummat Islam saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan  dan merayakan Idul Fitri 1443 H/2022.
Demikian amanat saya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan pada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tukas PLT Walikota mengakhiri pembacaan amanat tersebut.

Kapolres Tanjung Balai AKBP Triyadi, S.H., S.I.K mengatakan “Pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2022 dilaksanakan selama 12 Hari yaitu dimulai Tanggal 28 April 2022 s/d 9 Mei 2022,” Katanya.

“Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 Personil Pengamanan Gabungan yang terdiri atas 87.880 Personil Polri, 13.287 Personil TNI, serta 43.225 Personil yang berasal dari Instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom, dan Instansi Lainnya,” jelas AKBP Triyadi.

Turut hadir dalam kegiatan apel gelar pasukan operasi ketupat Toba 2022, Kapolres Tanjung Balai AKBP Triyadi., S.H., S.I.K. Kakan Kemenag H. Al Ahyu, M.A. Ketua MUI H. Hajarul Aswadi, S.Pd.I. Ketua FKUB H. Haidir Siregar. Plt. Kadis Kesehatan dr. Ali Azhari. Wakil Ketua Pengadilan M. Sacral Ritonga, S.H. Mewakili Dandim 0208 AS, Danramil 08 Kapten H. Marpaung. Wadanki Brimob Iptu G. Nainggolan. Mewakiki Danlanal TBA Letda F. Sirait. Mewakili KSOP Osben Naibaho. Mewakili Ka Lapas Andi Gultom. Mewakili Kejaksaan Joshua Simanjuntak. Mewakili Kepala Bea Cukai Musliadi. Perwakilan Jasa Raharja Abdul Bar. Kesbang Linmas Usni S. Plt. Kasatpol PP M. Arifin, S.H. Para PJU Polres Tanjung Balai.

Adapun peserta gelar pasukan yang hadir Barisan Personil TNI AD. Barisan Personil TNI AL. Barisan Personil Brimob. Barisan Personil Polres Tanjung Balai. Barisan Dishub.Barisan Sat Pol PP. Barisan BPBD dan Barisan Dinas Kesehatan.

S T H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *