Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2022, Desa Sidokayo Masuk Dalam Satu Besar

Daerah694 Dilihat

 

Lampung Utara//Reformasiaktual.com-Hj.Nur Endah Sulastri Budi Utomo Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara memimpin tim penilai lomba Desa di tingkat Kabupaten,yang telah masuk tiga besar pada kesempatan lomba Desa tahun 2022.

Penilaian lomba Desa kali ini bertepatan di Desa Sidokayo , Kecamatan Abung Tinggi , Kabupaten Lampung Utara, yang di hadiri langsung oleh wakil Ketua Tim lomba Desa yakni Ketua TP-PKK Hj.Nur Endah Sulastri bersama dengan Tim juri verifikasi nilai dari setiap item yang di lombakan.

 

Kemudian turut pula hadir seluruh Unit Kerja Pemerintah Kecamatan (UPK) yang terdiri dari Camat, Kepala Puskesmas dan Kapolsek,Danramil , delapan Kepala Desa, se- Kecamatan Abung Tinggi ,” pada hari Selasa , 24/5/2022.

Kegiatan pada lomba Desa Sidokayo di isi dengan berbagai kegiatan di mulai dari tari-tarian di lanjutkan mempromosikan hasil pertanian perkebunan yang sangat berlimpah ruah ,sehingga terbentuknya ekonomi mandiri dan sehat pada warga masyarakat Desa setempat.

 

Selanjutnya mengenalkan hasil dari kreatifitas Ibu PKK, seperti kripik pisang, bubuk bubuk Kopi dan lain – lain berbagai menu ciri khas makanan.

Tidak kalah penting lagi mengenalkan potensi destinasi wisata Curup Way Kandis keindahan alam sekitar.

Seterusnya mengenalkan lumbung pangan dan lumbung penghasil ikan nila di Desa Sidokayo.

Dalam kesempatan tersebut di sampaikan
Hj. Nur Endah Sulastri, pada kegiatan kali ini merupakan verifikasi nilai penentu Lomba Desa di tingkat Kabupaten.

Adapun penilaian yang di terapkan ada tiga sistem, penilaian secara pemaparan, penilaian survei lapangan , selanjutnya penilaian secara administrasi.

Bagi Desa yang lolos dalam penilaian dan dapat menjuarai lomba Desa pada tingkat Kabupaten , akan mewakili 232 Desa di Lampung Utara untuk ikut lomba Desa di tingkat Provinsi .” Katanya

 

Hj.Nur Endah Sulastri,juga menyampaikan apresiasinya pada Pemerintah Kecamatan dan dengan Pemerintah Desa wabil khusus pada masyarakat di Desa Sidokayo ,atas dukungan dan keberhasilan lomba Desa di tingkat Kabupaten pada tahun 2022 ini .” Ujarnya.

Hj.Nur Endah Sulastri menambahkan ” Iapun sangat bangga pada masyarakat Desa Sidokayo yang telah menciptakan ekonomi mandiri , dengan sumber pendapatan warga dari hasil pertanian , perternakan.

 

Semoga saja Desa Sidokayo dapat meraih juara pada tingkat lomba Desa Kabupaten dan Provinsi.

Sehingga potensi kekayaan Desa Sidokayo akan semakin berkembang mandiri dan akan semakin membaik ,segera kembali bangkit dengan semangat baru pasca pandemi covid’19 .” Ucapnya.

 

Hj Nur Endah Sulastri juga menjelaskan ada tiga Desa yang masuk di dalam tiga besar lomba Desa tingkat Kabupaten antaranya.

“Desa Sukamaju Kecamatan Abung Semuli, Desa Sidokayo Kecamatan Abung Tinggi dan Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan,dari ke tiga Desa ini telah ada dua Desa kita verifikasi dan hari Jum’at nanti terakhir di Desa Suka Maju,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Camat Abung Tinggi Hj.Megaraini, mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim penilai Kabupaten, yang telah hadir di Desa Sidokayo pada kali ini di pimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Hj.Nur Endah Sulastri.

Kemudian Megaraini Camat Abung Tinggi” menjelaskan pada Biografis Desa Sidokayo yang berbeda di atas pegunungan dan
memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa.

“Bila di gali tentunya dapat menciptakan kesejahteraan pada masyarakat dan dapat meningkatkan Bandan Usaha Milik Desa (BUMDes) seterusnya akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Lampung Utara.” Katanya.

Lanjut Camat pada kesempatan tersebut Desa Sidokayo memiliki 1073 (KK) dengan jumlah penduduk berjumlah 3526 jiwa dan luas wilayah 501,5.H.

Desa Sidokayo Terdiri Dari Tiga Suku dan Adat Budaya antaranya Suku Jawa , Sunda dan Semendo.

Namun tiga suku adat budaya di Desa Sidokayo selalu bahu – membahu , tolong menolong, mengedepankan gotong royong selalu bergandengan tangan , demi untuk Kemajuan Desa Sidokayo.

Semoga saja pada penilaian penentu kali ini, Desa Sidokayo dapat meraih juara satu dan akan terus bergerak ke tingkat provinsi , untuk mempromosi kekayaan dan potensi alam.

Tentunya dengan harapan dapat terus mendorong kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Daerah Lampung Utara yang akan lebih baik lagi .” Tutupnya.

Sementara Kepala Desa Sidokayo Agus Saripudin,sangat optimis Desa Sidokayo dapat meraih juara satu pada lomba Desa tingkat Kabupaten pada tahun 2022.

Keoptimisan Agus Saripudin,melihat dari dukungan masyarakat Desa Sidokayo yang sangat antusias mengadakan lomba Desa, dan mendukung sepenuhnya.”Kata Agus.

Kemudian Agus Saripudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim penilai Kabupaten Lampung Utara,kepada segenap unsur Unit Kerja Pemerintah Kecamatan (UPK) khususnya pada warga masyarakat Desa Sidokayo sehingga dapat suksesnya lomba Desa kali ini yang telah melampaui beberapa proses.” Ucap Agus.

Agus Saripudin menambahkan akan terus memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar apa yang menjadi motivasi ikut lomba Desa kali ini, dapat tercapai sesuai dengan apa yang di harapkan ,” pinta Agus .

 

(Tabrani/Tim Liputan khusus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *