Perkuat Silaturrahim, HKJM Kabupaten Jayapura Gelar Halal Bihalal

Lembaga450 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//JAYAPURA -Himpunan Keluarga Jawa Sunda Madura (HKJM) Kabupaten Jayapura menggelar Halal Bihalal bersama dengan 31 Paguyuban, berlangsung di Gedung Puspenka Hawai, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (28/5/2022).

Ketua HKJM Kabupaten Jayapura, H. Supardi mengatakan acara tersebut merupakan puncak dari Halal Bihalal yang dilaksanakan oleh 31 Paguyuban yang bernaung dibawah HKJM Kabupaten Jayapura.

“Acara ini sudah kita rencanakan sejak 23 April 2022 sebelum Lebaran, diputuskan di tanggal 28 Mei 2022, jam 12.30 WIT, itu sudah koordinasi dengan Provinsi dan HKJM Kabupaten Jayapura. Paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura kita dahulukan melaksanakan halal bi halal, baru kemudian kita rayakan puncaknya di tanggal (28/5) hari ini,” ungkap H. Supardi selaku Ketua HKJM Kabupaten Jayapura disela-sela acara, Sabtu (28/5/2022) siang.

HKJM Kabupaten Jayapura, menurut H. Supardi selalu mengedepankan kekompakan dan mempererat kebersamaan di dalam HKJM.

“Energi rahmani, energi merangkul dengan paguyuban manapun akan bergabung dengan sukarela dengan senang hati karena kemanfaatan yang didapatkan dari paguyuban kalau bersinergi dengan 31 paguyuban akan jauh lebih baik, dari segala sisi, mau sisi ekonomi juga lebih baik dengan simbiosis mutualisme, dari sisi keamanan saling melindungi, dari sisi politik juga akan lebih kokoh, lebih kuat kalau kita bersatu,” pungkasnya.

Halal Bihalal HKJM Kabupaten Jayapura tahun 1443 H/2022 ini mengusung tema: “Melalui Halal Bihalal Kita Perkuat Silaturahim, Membangun Kebersamaan dan Kekompakan Demi Tercapainya Tujuan dan Cita-cita HKJM Yang Rukun, Guyub, Ngahiji, Salawase”

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Jayapura yang juga Ketua Rukun Anak Tanah Merah-Anak Peranakan Tanah Merah (ATM-ATPM), Jan Jap Ormuseray memberi apresiasi dan menyambut dengan baik terselenggaranya Halal Bihalal HKJM Kabupaten Jayapura.

“Sebagai anak Tabi dan tokoh masyarakat Kabupaten Jayapura saya memberi apresiasi dan dukungan karena memang silaturahmi dan kebersamaan Kerukunan itu yang harus dibangun karena kita menyadari bahwa saudara-saudara kita dari kerukunan Jawa Sunda Madura yang ada di Kabupaten Jayapura ini sudah menjadi bagian dari masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura,” kata Jan Jap Ormuseray.

Menurutnya keberadaan warga HKJM di Kabupaten Jayapura sudah lama berinteraksi dengan warga asli dan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bersama masyarakat di Kabupaten Jayapura.

“Mereka memberi kontribusi yang luar biasa untuk pembangunan di Kabupaten Jayapura,” imbuhnya.

Dirinya berharap dengan halal bi halal ini ke depan kita makin rukun untuk bersama-sama membangun Kabupaten Jayapura menjadi Kabupaten yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.

Halal Bihalal tersebut dihadiri oleh Ketua Umum HKJM Provinsi Papua H. Sarminanto, Ketua Rukun ATM-ATPM Jan Jap Ormuseray, Wakil Ketua 2 DPRD Kabupaten Jayapura Partinus Sorontouw, Kesbangpol Kabupaten Jayapura, para sesepuh dan kiyai, tamu undangan dan seluruh warga Paguyuban yang berada dibawah naungan HKJM Kabupaten Jayapura.

 

(AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *