Gara gara Isap Lem, Anak dan Orang Tua Diamankan Dinsos Makassar

Daerah474 Dilihat

 

Reformasiaktual.com// Kota Makassar, (Sulsel). Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar mengamankan sejumlah orang yang kedapatan mengisap lem di Pasar Segar, Jalan Pengayoman, Kota Makassar. Dua di antaranya berstatus anak dan orang tua.

Operasi ini dilakukan setelah Dinsos Makassar mendapat laporan masyarakat atas maraknya aktivitas anak-anak dan orang dewasa yang mengisap lem. Totalnya, ada empat orang anak yang kedapatan tengah mengisap lem dan satunya lagi orang dewasa.

Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Aulia Arsyad menuturkan bahwa, Pihaknya menerima laporan dari masyarakat terkait adanya aktifitas mengisap lem yang kerap dilakukan anak anak di lokasi pasar tersebut.

“Kami awal pertama turun melakukan razia ke Pasar Segar, berdasarkan laporan dari masyarakat dan kami amankan beberapa anak di bawah umur yang kita temukan sedang isap isap lem,” Tuturnya, Minggu, (19/06/2022).

Lebih lanjut, Kadis Sosial Kota Makassar menyebutkan, jika laporan masyarakat ini memang sesuai dengan temuan di lapangan.

“Karena laporannya memang isap lem ternyata betul dugaan dari masyarakat itu. Kami mendapatkan ada 8 anjal (anak jalanan) satu dewasa yang mana orang tuanya sendiri,” lanjut Aulia.

Menurut Kepala Dinsos Kota Makassar, anak jalanan yang telah terjaring kemudian dibawa ke UPT Rumah Penitipan Trauma Center (RTPC) di Jalan Abdullah Dg Sirua. Di sana, para anak yang terjaring akan diberi pembinaan fisik, mental dan spiritual oleh pekerja sosial profesional.

“Upaya ini bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan yang juga menurunkan layanan dongeng keliling (dongkel) ke UPT RTPC. Pembinaan dilakukan selama tiga hari, setelah itu baru dikembalikan ke keluarganya,” ujarnya.

(*Zul*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *