Patuan Rahmat Syukur P HasibuanSSTP,MM Dilantik Jadi Sekdakab Paluta

Daerah258 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//PALUTA – Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi melantik Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan SSTP MM sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta di aula kantor bupati Paluta, Senin (11/07).

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, turut hadir Wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap, Kajari Paluta Hartam Ediyanto, Kapolres Tapsel diwakili Wakapolres Kompol Rahman Takdir Harahap, Danyon C Brimobdasu Kompol Buala Zega, wakil ketua DPRD Basri Harahap, Dandim 0212 TS diwakili Pabung Mayor (Inf) Takbir Dahalu, Ketua TP PKK Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap, asisten, staf ahli, pimpinan OPD, camat, beserta undangan lainnya.

Pelantikan yang digelar pada pukul 10.30 WIB tersebut merupakan tindak lanjut dari proses lelang jabatan tinggi pratama beberapa waktu lalu ini sesuai dengan surat keputusan Bupati Paluta nomor : 821.2/176/K/2022tentang pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah Kabupaten Paluta.

Dalam sambutan Bupati Paluta menyampaikan bahwa proses seleksi, penetapan dan pelantikan sekretaris daerah Kabupaten Paluta telah melalui mekanisme dan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan tinggi pratama secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Dan memperhatikan rekomendasi komisi aparatur sipil Negara (KASN) nomor : B-2240/JP.00.00/06/2022 tanggal 22 Juni 2022 tentang rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT pratama sekretaris daerah Kabupaten Paluta.

“Pelantikan Sekdakab Paluta ini merupakan hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah daerah yang diikuti oleh 6 calon Sekda, dimana menempatkan saudara Patuan Rahmat Hasibuan pada peringkat teratas dari seluruh calon,” ujarnya.

Katanya, jabatan sekdakab adalah jabatan yang sangat strategis, karena selain sebagai jabatan karir tertinggi dalam jenjang birokrasi, posisi sekda berfungsi sebagai motor penggerak, pusat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, sumber inspirasi dan inovasi serta simpul utama pelaksanaan pengawasan dan evaluasi serta pembinaan terhadap seluruh perangkat daerah.

Untuk itu diharapkan kepada sekda agar mampu berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas yang diemban serta memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankan roda pemerintahan dan secara berkala melaporkan kepada kepala daerah bagaimana kinerja bawahan disamping kepala daerah yang akan senantiasa melakukan pemantauan langsung dilapangan dan mengevaluasi kinerja yang dicapai oleh perangkat daerah utamanya dalam pelaksanaan disiplin pegawai.
“Jabatan ini bukanlah hadiah, tapi ini adalah amanah yang harus anda emban dan pertanggungjawabkan. Maka jadikanlah amanah itu bermanfaat bagi diri sendiri, bagi institusi dan khususnya bagi masyarakat kabupaten Paluta,” tegasnya.
Selain itu, ia menyampaikan bahwa terpilihnya Sekda ini sudah melalui proses yang panjang dan tentunya ini merupakan pilihan terbaik dari tim seleksi serta pihak panitia seleksi lainnya.
Untuk itu, ia berharap agar kedepannya Sekda yang baru dilantik dapat bekerja sama sepenuh hati dengan semua pihak untuk menyukseskan berbagai program pembangunan dalam upaya untuk memajukan, memakmurkan serta mensejahterakan masyarakat di daerah kabupaten Paluta.

“Selamat bertugas, jalankan amanah penuh tanggungjawab serta berdedikasi tinggi untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat kabupaten Paluta,” ucapnya.
Pada kesempatan ini Bupati Paluta Drs Ba Harahap juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada H Burhan SH selaku pejabat Sekda selama kurun waktu 5 tahun lebih yang telah bertanggung jawab penuh dan sangat membantu dalam mewujudkan roda pemerintahan.

Pantauan, usai pelaksanaan kegiatan pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan acara pelepasan masa tugas dan pisah sambut Sekdakab Paluta dari pejabat lama H Burhan Harahap SH kepada Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan SSTP MM di gedung serbaguna kantor.

 

AKS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *