Ketum Germapin Desak KKP dan Pihak KM. Setia Makmur Identitas Ke-15 ABK Yang Hilang

Daerah662 Dilihat

 

REFORMASIAKTUAL.COM, Jakarta- 10 ABK selamat 15 ABK yang dinyatakan hilang korban Kapal Motor (KM). Setia Makmur 06 yang tenggelam di perairan Marauke Provinsi Papua dua pekan lalu menuai banyak sorotan. Salah satunya organisasi Gerakan Masyarakat Pesisir Indonesia (Germapin).

Atas peristiwa tersebut, Ketua Umum Germapin, Lasarus Rio Jambomias turut berduka cita atas kejadian yang di alami ke -15 ABK KM. Setia Makmur yang sampai saat belum ada kabarnya. Dirinya masih berupaya berkordinasi dengan pihak terkait dengan adanya peristiwa tersebut.

“Sementara ini kami upayakan secepat mungkin, khususnya akan kami komunikasikan ke Dirjen Tangkap Perikanan KKP dan pihak terkait untuk menggali informasi identitas ke 15 ABK KM. Setia Makmur”.ujar yang akrab di sapa Bung Rio saat di konfirmasi awak media Rabu (13/7/2022).

Dirinya menegaskan kepada pihak Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk segera memberikan data dan identitas ke- 15 ABK tersebut, agar bisa di kordinasikan kepada pihak keluarga.

“Kami akan menemui Pak Dirjen KKP untuk kami mintai data identitas 15 ABK KM. Setia Makmur, dan kami akan mencari tau pihak perusahaan KM. Setia Makmur untuk kita mintai pertanggung jawaban untuk para korban baik yang selamat maupun yang belum ditemukan,”tegasnya.

Dikatakan Bung Rio, saat ini sudah berkoordinasi dengan Komisi IV DPR-RI dan pemerintah Kabupaten Marauke untuk menggali informasi dan tindak lanjut ke 15 ABK tersebut.

“Harapan saya, segera mungkin identitas korban bisa diketahui agar kami bisa datang ke pihak keluarganya,”pungkasnya.

Sementara itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktur Tangkap Perikanan KKP, Muhammad Iqbal Gade melalui pesan singkat via aplikasi whatsapp membenarkan peristiwa tersebut dan saat ini sedang dalam pengumpulan data termasuk jumlah ABK.

“Kami sedang mengumpulkan data, berapa orang yang ikut dalam kapal itu, termasuk dari mana saja asalnya,” kata Iqbal.

Hal diketahui sebelumnya dilansir dari Kompas.com bahwa kapal KM Setia Makmur 06 tenggelam pukul 01.00 WIT pada koordinat 08.28’S-136.35’E atau berjarak 426 KM dari Dermaga Merauke, 10 ABK berhasil diselamatkan dan 15 ABK didinyatakan belum ditemukan.

(USMAN-RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *