IWP- Adakan Konsolidasi Memperkuat Solidaritas Antar Wartawan, Munculnya Kekerasan Terhadap Jurnalistik

Lembaga281 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//Probolinggo-Pers dalam struktur kekuasaan di Kabupaten Probolinggo masih berada di posisi paling lemah, oleh karena itu solidaritas antar wartawan menjadi mudal utama untuk menguatkan jiwa seorang wartawan, betapa pentingnya membangun solidaritas diantara sesama wartawan agar kita dapat memperjuangkan hak hak konstitusi warga,Minggu /17/juli/ 2022.

Ibrahim Ketua (IWP) yang sekaligus Korwil media Reformasi Aktual Jawa Timur mengatakan betapa pentingnya solidaritas terhadap sesama jurnalis mengingat di daerah atau sampai katingkat desa wartawan sering mendapat perlakuan kurang pantas termasuk kekerasan visik halitu diduga dilakukan oleh oknum oknum yang tidek paham tentang profesi wartawan numu peristiwa satu tahun yang lalu dan beberapa hari yang lalu ada peristiwa pembakaran sepeda motor termasuk mobil seorang wartawan dan peristiwa tersebut melukai sendi sendi demokrasi dan peristiwa tersebut mencederai penegakan hukum di Probolinggo.

Ada dua hal dalam perlindungan terhadap wartawan yaitu payung perlindungan secara prinsip dan secarah teknis, secara prinsip yaitu sesuai pasal 8 UU pers bahwa wartawan dalam melaksanakan tugasnya mendapat perlindungan hukum dari negara Aparat hukum dan masyarakat. artinya kalau wartawan sudah melaksanakan tugasnya sesuai kode etik dan UU pers maka tidak ada lagi alasa wartawan di intimedasi atau ditangkap saat melaksanakan tugasnya sebagai seorang wartawan,,

Secara teknis dewan pers sudah mengeluarkan peraturan nomor 5 tahun 2008 tentang standar perlindungan profesi wartawan standar ini mempertegas bahwa wartawan dilindungi oleh hukum. karena itu tidak boleh dilakukan kekerasan terhadap wartawan apabila hal itu dilakukan maka itu menjadi kejahatan besar dan kejahatan luar biasa karna mengganggu sendi sendi demokrasi yang sudah di sepakati bsrsama, “ungkap Ibrahim” ketua IWP yang sekaligus Korwil Media Refomasi Aktual Jawa Timur”

Dedy Mistariyanto pimpinan umum media detik nusantara online yang sekaligus dewan pembina Ikatan wartawan Probolinggo. menyampaikan bahwa profesi wartawan merupakan profesi yang mulia, disitu ada nilai perjuangan yang kalian harus perjuangkan kalau anda bekerja secara profesional saya yakin bukan anda yang mencari pekerjaan tapi pekerjaan yang akan mencari anda. “ujar dedy mistariyanto” dewan pembina Ikatan wartawan Probolinggo,” pungkasnya”

Ibrahim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *