RW 12 Desa Rancamanyar Laksanakan  Normalisasi Saluran Gorong-gorong dan Pembagunan Sumur Bor Air Bersih

Daerah744 Dilihat

 

 

Reformasiaktual.com//KAB.BANDUNG- Beberapa ruas jalan gang saat memasuki musim kemarau seringkali menimbulkan bau. Namun, kali ini, diprediksikan kejadian tersebut tak bakalan lagi terjadi.

Mengapa demikian? Sebab di Desa Rancamanyar Balaendah Kabupaten Bandung khususnya di RW 12 gorong-gorong yang ada di wilayah nya sudah di normalisasikan sekalian di ganti dengan hong-hong setengah lingkaran,”ungkap Ketua RW 12 Lailatul Sadiah ( umi ), 24/juli/2022.

Beberapa titik gorong gorong sudah dilakukan pembenahan sekaligus pemasangan hong di sepanjang gang melalui kerja bakti dan kekompakan warga setempat serta sekaligus dibersihkan tanaman liar yang memenuhi badan gorong gorong, kegiatan kerja bakti pun sudah mencapai 99% rampung.

Kemudian di area pemukiman penduduk lingkungan RW 12 lainya
telah membangun pasilitas sarana air bersih, yang di lakukan oleh beberapa pekerja ahli di bantu warga lainya.

Umi sebagai ketua RW 12 saat di konfirmasi awak media, menjelaskan memang sudah menjadi kewajiban pengurus untuk melakukan pembenahan dan kenyamanan sarana di lingkungan nya demi seluruh warga dan saya  pun sangat berterima kasih kepada warga masyarakat khusus di RW 12 serata perangkat desa dan para tokoh masyarakat ,”imbuhnya.

Dan kerja bakti ini pun melibatkan para unsur perangkat desa,tokoh masyarakat, ketua RT, seperti yang terlihat di  lapangan, ada Uwa Hidayat dari tokoh masyarakat BBKI , bapak Kadus (papah m) dan ketua RT 07 Andi serta warga masyarakat sekitar.

Selain itu Kami pun memprosentasekan akibat jalanan di gang rusak yang terjadi di lingkungan ini , rata-rata karena genangan air yang tidak mengalir sehingga mengakibatkan kondisi jalan itu mudah rusak, apalagi sifat air yang mengenang akan mengakibatkan jalan mudah rusak, sehingga kami berupaya terus agar tidak ada genangan air, atau sampah yang menyumbat,”jelasnya.

Adapun anggaran pembenahan gorong-gorong dan sumur bor itu berasal dari anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2022.tahap 1 yang di salurkan oleh Puskesos Desa  untuk beberapa RW dan  pembenahan gorong-gorong ini bertujuan untuk memperlancar aliran air pembuangan serta kenyamanan buat warga.

Dan adapun pembangunan sarana air bersih yang ada di lingkungan kami itu pun buat pasilitas semua warga yang membutuhkannya ,”ucap Umi.

 

Heri Krisdianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *