DALAM RANGKA HUT RI -77 HPSI GAJAH PUTIH MEGA PAKSI PUSAKA GELAR ACARA BAKTI SOSIAL

Lembaga413 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//GARUT// Semarang Himpunan Pencak Silat Indonesia (HPSI) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gajah Putih Mega Paksi Pusaka menggelar acara Bakti Sosial dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) yang dilaksanakan di Jalan Raya Kamojang, Kampung Ciparay Bongkor, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Minggu (21/8/2022).

Dalam Acara kegiatan Tersebut disuguhkan berbagai penampilan pencak silat Ciri khas Kesenian Tatar Sunda Yang di wakili Oleh anak-anak Didik Padepokan HPSI Gajah Putih Mega Paksi Pusaka yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat.
Ketua Umum DPP Asep Imron di dampingi Sekertaris Umum Ade Suparman .SH
mengatakan

” HPSI Gajah Putih Mega Paksi Pusaka Merupakan Seni Bela Diri Pencak Silat Warisan budaya Yang di dirikan oleh Maha Guru KH. Adji Djaenudin Bin H.Usman pada 20 Mei 1959 di Kp.Gegerpasang, Ds.Sukarasa, Kec.Samarang, Kab.Garut.”Katanya
“Lambang Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka Pada tahun 1959 lahirlah lambang perguruan dengan melalui tafakur kepada Allah SWT, yang diartikan
GADJAH PUTIH , Seekor satwa besar yang gagah berani berwarna putih yang melambangkan kesucian, diibaratkan sebuah kendaraan dalam membela kebenaran dan kebajikan hidup yang diridoi oleh Allah SWT, dan belalai gajah dengan kelincahannya serta kuat bermulti guna demi kemaslahatan umat manusia”

MEGA : Luhur, bercita-cita tinggi dalam membela nusabangsa yang berpancasila dan beragama.
PAKSI : Jujur, Cepat, Lurus demi keadilan, kebenaran dan keparipurnaan hidup manusia Duniawi dan Uhrowi.
PUSAKA : Terpelihara, Wajib dipelihara warisan leluhur supaya tetap tunggal dengan kesatuan dan persatuan dalam membela dan mencapai cita-cita.”

“Dengan demikian untuk menghormati kerja keras Beliau (Guru Besar) yang dulu telah susah payah dalam mencari ajaran ke setiap daerah dan melewati segala rintangan pada jaman genting (belanda) kita sebagai generasi penerus yang tinggal berlatih tanpa harus susah payah melewati segala macam rintangan seperti yang di Alami Guru besar KH. Aji Zaenudin ” Ujarnya

Sementara, Ketua Penyelenggara, Deden Rahmat Menambahkan dalam kegiatan hari ini pihaknya juga melaksanakan pemberian santunan kepada yatim piatu, jompo, serta fakir miskin.

“Target yang akan saya berikan kepada beliau adalah kurang lebih 100 paket sembako terbagi atas beberapa paket” ucapnya.

Ia berharap, dengan pemberian sembako kepada masyarakat ini bisa membuat perayaan HUT RI ke-77 menjadi lebih semarak, dan keberadaan Gajah Putih Mega Paksi Pusaka bisa menyentuh dan disentuh oleh masyarakat itu sendiri.

“Bisa menyentuh oleh masyarakat dan bisa disentuh oleh masyarakat sehingga keberadaan peran kami DPP Gajah Putih Mega Paksi Pusaka diharapkan kedepannya akan lebih maju dan berkembang Dengan Dukungan Dan Kecintaan Terhadap Seni budaya baik dari Masyarakat dan Pemerintah ,Bangsa Yang Kuat ,Bangsa Yang Menghormati Sejarah ,” tandasnya

(Pian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *