DESA NYALINDUNG, KECAMATAN CIPATAT, KABUPATEN BANDUNG BARAT, JAWA BARAT, MELALUI BUMDES PANEN BAWANG MERAH PERDANA.

DESA419 Dilihat

 

Reformasiaktual. Com //Kabupaten Bandung Barat-  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Nyalindung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, berhasil mencapai panen bawang merah yang ditanam beberapa waktu lalu. BUMDes yang didukung penuh pemerintah Desa Nyalindung melakukan kegiatan panen perdananya dan dihadiri Kepala Desa Nyalindung Oo, S. Ip, Ketua BPD, Ketua BUMDes, Tokoh Masyarakat dan aparatur pemerintahan Desa Nyalindung, Sabtu (27/08/2022)..

Oo S. Ip, Kepala Desa (Kades) Nyalindung ditemui di lokasi panen bawang merah mengatakan panen perdana Bawang Merah mencapai 2 Ton, “Bawangnya ini sekitar 2 ton hasilnya. Ini nanti akan di jual ke pasar ” sebut Oo.
Ada pun terkait pembagian hasilnya, menurut Kades sudah ada ketentuan yang ditetapkan sejak awal.
“itu kan sudah ada ketentuan ada untuk PAD Desa ada ke BUMDes,” Tuturnya

Lebih lanjut menurut Kades Oo,” Setelah ini kami akan kembangkan kembali jika baik kami akan menyuntikan kembali dan BUNDes tetap menjadi pengelola”.
“Jadi ke depannya kami bentuk kelompok lagi karena kan masih 1 kelompok. Untuk pembudidayaannya itu ada cabe, jagung dan lainnya.”Ujarnya.
.
“Atas nama Pemerintah Desa maupun pribadi saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pengurus BUMDes atas programnya dalam mengambangkan budidaya Bawang Merah di Desa Nyalinndung, Kades Oo, menyampaikan pola pikir kreatif, inovatif dan produktif petani saat ini harus paham persis komoditi apa yang harus ditanam dan kapan untuk memanennya.

Kepala Desa Nyalindung Oo, ” Keberhasilan BUMDes Desa Nyalindung ini dalam panen perdana bawang merah merupakan upaya Bumdes dalam melaksanakan pembangunan ekonomi yang dimulai dari Desa utamanya mengedepankan ekonomi kerakyatan.
‘”Tentu harapannya pertumbuhan BUMDes jadi pilar terdepan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain itu kata Kades Oo, dalam mengembangkan pembangunan ekonomi tidak hanya dari kota melainkan mengembangkan dari Desa hal inilah yang disebut dengan ekonomi kerakyatan, semoga hasil panen perdana bawang merah ini dapat menjadi contoh bagi bundes-bumdes lain yang ada di Kecamatan Cipatat umumnya Kabupaten Bandung Barat.

“Selaku Pemerintah Daerah, saya mengapresiasi upaya-upaya BUMdes dalam meningkatkan perekonomian Desa sehingga dapat menambah pendapatan Desa, saya yakin jika usaha-usaha BUMdes dikelola dengan manajemen yang baik dan professional BUMdes ini akan maju pesat, Tutupnya.

( Aan iyus RAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *