Perjalanan Wisata Terasa Tidak Lengkap Jika Tak Injak Bumi Tanadoang

Wisata262 Dilihat

Reformasiaktual.com// Kepulauan Selayar (Sulsel – Perjalanan wisata di Indonesia terasa tidak lengkap jika tidak menginjakkan kaki di Bumi Tanadoang Selayar Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H Saiful Arief, SH menegaskan,” Jadikan Kelompok Sadar Wisata menjadi garda terdepan dalam pembangunan pariwisata Selayar.” 
       
Pada puncak peringatan Hari Pariwisata Dunia Ke 42 tahun 2022 yang dipusatkan di Kawasan Obyek Wisata Tamamelong Bontosikuyu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar telah mengajak para wisatawan, baik itu wisatawan domestik, wisatawan mencanegara dan wisatawan lokal untuk datang berkunjung di Bumi Tanadoang. 
         
Juga yang tidak kalah pentingnya bahwa seluruh komponen masyarakat didaerah ini untuk bangkit dan bersemangat serta berkomitmen membangun pariwisata Selayar guna menjadi pelengkap dari destinasi pariwisata nasional. Selayar harus maju dan berkembang agar menjadi tujuan wisata nasional. Karena sektor pariwisata adalah sektor yang paling besar dampak multiplier effectnya bagi masyarakat.” katanya.
         
Selasa, 27 September hari ini bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia adalah hari dicanangkannya “Gerakan Sadar Wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar” dengan menitip sebuah harapan kepada para Komunitas Pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata sebagai garda terdepan dalam membangun dan membangkitkan kesadaran berwisata sehingga dapat mengambil peran pada pengambilan kebijakan pemerintah.
         
Pada kesempatan itu pula Wabup Kepulauan Selayar menyampaikan kepada semua stakeholders agar mendukung Gerakan Sadar Wisata dengan mengimplementasikan Sapta Pesona yang berkelanjutan. Kemudian kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membuat program inovasi guna mempercepat keberhasilan pembangunan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata. Dan terkhusus kepada para komunitas pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar tetap berpegang teguh dan mengamalkan “Deklarasi Tamamelong.” tambah H Saiful Arif.
           
Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana yang sekaligus Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Selayar. Drs Hizbullah Kamaruddin menyatakan,” Salah satu tujuan dilaksanakannya Peringatan Hari Pariwisata Dunia 2022 tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar adalah untuk membangkitkan kembali semangat kepariwisataan pasca Pandemi Covid 19. Kemudian untuk menjalin dan memperkuat kolaborasi antara semua stakeholders dan pemangku kepentingan khususnya pada sektor pariwisata didaerah ini melalui thema “Melalui Gerakan Sadar Wisata, Pariwisata Selayar Bangkit Lebih Cepat.”
       
Hadir dalam acara ini adalah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Mesdiyono, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama,  Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Instansi Vertikal, Camat, Kepala Desa dan Lurah, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Pelaku Usaha Pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata serta Saka Pariwisata.

(M. Daeng Siudjung Nyulle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *