Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Melukis

PENDIDIKAN255 Dilihat

Reformasiaktual.com//Kota Tangerang-
Dalam rangka mengupayakan peningkatan mutu kemampuan fisik motorik halus anak , Atikah Oktaviani , S.Pd TK IKAL II Bulog adakan Penelitian terhadap Anak usia Kelompok B melalui kegiatan melukis di Sentra Bahan Alam .

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan fisik motorik halus pada anak usia dini melalui kegiatan melukis pada sentra bahan alam .

Subjek penelitian nya adalah anak kelompok B sebanyak 12 anak terdiri dari 3 putra dan 9 putri , sedangkan objek dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran melukis .

Dilihat dari jenis nya , Penelitian ini terbagi pada dua siklus yaitu ; Siklus perencanaan dan Observasi serta Siklus pelaksanaan dan refleksi .

Sedangkan Teknik pengumpulan data nya melalui wawancara dan dokumentasi serta hasil karya , demikian keterangan Atikah Oktaviani salah satu peneliti . ( Tidak menerangkan secara rinci dan detail ) saat di mintai wawancara wartawan RA .

Dari kesimpulan hasil penelitian terhadap anak usia dini pada kelompok B terhadap kegiatan Melukis ini adalah dapat meningkatkan hasil belajar pada anak – anak TK di TK IKAL II. Bulog . jelasnya

Pandemi Covid 19 sangat mempengaruhi dunia pendidikan saat ini , dari mulai pendidikan di tingkat anak – anak usia dini sampai kepada pendidikan tingkat tinggi .
Pendidikan usia dini adalah sebagai bentuk penanaman dasar untuk mengembangan diri anak menjadi tidak berjalan karena covid 19 . Masa usia dini adalah masa pertumbuhan dan berkembangnya tentang pengetahuan, perilaku dan keterampilan .
Dengan kondisi seperti saat ini , pendidikan anak pada saat usia dini menitipk beratkan pada pelayanan dasar pertumbuhan dan perkembangan fisik si anak / koordinasi motorik halus dan kasar , kecerdasan daya pikir dan daya cipta .
Belajar adalah sebuah proses perubahan tingkah laku akibat dari pengalaman .
Belajar juga merupakan proses perubahan tingkah laku yang membutuhkan dorongan motivasi untuk menggerakkan ke arah yang lebih baik .

Inovasi dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan fisik motorik halus anak , salah satunya adalah dengan kegiatan melukis ,” demikian unggah nya.

RA Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *