Dinas Koperasi dan UKM Jawa Barat Berikan Penyuluhan Kepada Koprasi Jurnalis Kreatif Mandiri

Berita Kota389 Dilihat

Reformasiaktual.com//Bandung – Menjelang launching Koperasi JKM (Jurnalis Kreatif Mandiri) yang akan dilaksanakan tanggal 25 Nopember 2022 mendatang oleh Kapolda Jabar, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat memberikan penyuluhan kepada pengurus dan anggota koperasi JKM.

Sekitar 36 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota koperasi JKM sejak Kamis pagi (10/11/2022) sudah hadir di saung Hidroponik Pasir Impun Kecamatan Mandalajati. Selama hampir 4 jam, mereka menerima materi tentang Perkoperasian.

Bersama timnya, Yusuf Effendi selaku Bidang Penyuluhan dari Dinkop dan KUM Jabar mengatakan, maju dan berkembangnya sebuah koperasi dasarnya adalah tergantung anggota (basic member), dan komitmen bersama bagaimana bisa bergotong royong bekerja sama dalam menjalankan koperasi.

“Bagi koperasi yang baru berdiri peluang usaha sangat terbuka lebar, dan bisa menjalin kemitraan dengan koperasi-koperasi yang sudah lama terbentuk tentunya. Selain itu setiap instansi dalam alokasi anggaran pengadaan barang/jasa berkewajiban memberikan 40 persen untuk diserap koperasi,” jelasnya.

Tentu saja untuk koperasi JKM yang lahir dari inisiatif jurnalis Polda Jabar, menurut Yusuf, sangat berpotensi sekali untuk bisa bekerja sama dengan Polda Jabar dan setiap Polres dalam pengadaan barang atau jasa misalnya.

Sementara itu ketua koperasi JKM, H. Taufik M.WS atau lebih dikenal dengan Abah Opik sangat berterimakasih dan apresiasi kepada Dinkop dan UKM Jabar yang telah memberikan penyuluhan, arahan serta bimbingan kepada JKM.

“Koperasi JKM ini ibarat bayi baru lahir yang belum faham dan mengerti betul tentang koperasi. Namun kami sangat optimis koperasi JKM sebagai wadah usaha yang berbadan hukum, kedepannya bisa berkembang maju dan mensejahterakan anggotanya,” katanya.

Dengan Penyuluhan ini, kata Abah Opik, diharapkan koperasi JKM punya bekal ilmu untuk segera bisa menjalankan bidang usaha yang akan segera diwujudkan.

Selain anggotanya dari kalangan jurnalis, koperasi JKM pun mewadahi dari masyarakat. Pada acara penyuluhan tersebut hadir pula perwakilan paguyuban tanaman bunga dan dari kelompok tani yang sudah bergabung dengan koperasi JKM.

Eri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *