Diskominfo Pemalang Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Medsos

TNI/Polri496 Dilihat

Reformasiaktual.com//Pemalang- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pemalang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas pengelolaan media sosial Pemerintah Kabupaten Pemalang Tahun 2022 di Aula gedung Sasana Bhakti. Rabu (7/12/2022).

Plt Diskominfo Kabupaten Pemalang Joko Ngatmo saat membuka acara tersebut menyampaikan diselenggarakannya Bimtek dapat memvawa dampak positif bagi peningkatan kualitas dan kinerja kehumasan di Kabupaten Pemalang baik sumberdaya manusia maupun infrastrukturnya.

Selain itu, Joko berharap, wawasan serta pengalaman para pengelola media sosial Pemerintah dan instansi vertikal serta kelompok informasi masyarakat di Kabupaten Pemalang dapat lehih luas.

“Sehingga kepedulian terhadap dinamika sosial dan isu-isu aktual yang terjadi di tengah masyarakat semakin meningkat,”terangnya.

Dikatakan Joko Ngatmo, paradigma baru komunikasi pemerintah yang mengedepankan inovasi kreatif, respon kekinian yang adaptif terhadap perkembangan era digital,menurut Joko merupakan jawaban terhadap tuntutan transparansi dan akuntabilitas serta membangun kepercayaan publik terkait dengan kerja lembaga pemerintah.

Ia juga menambahkan media sosial merupakan platform digital yang berfungsi sebagai sarana bertukar informasi dan berbagi sosial masyarakat secara on line. Dan merupakan sarana tercepat untuk berkomunikasi dengan publik.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa didalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 83 tahun 2012 menyebutkan bahwa setiap instansi dan lembaga wajib menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah masing-masing kepada publik, menampung dan mengolah aspirasi masyarakat serta membangun kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi publik.

Lebih lanjut, Joko juga mengungkapkan bahwa instansi mengkomunikasikan kebijakan, rencana kerja dan capaian kinerja kepada masyarakat luas antara lain melalui media tradisional, media konvensional, media baru (internet) yang bertujuan adalah terwujudnya perubahan, pembentukan sifat, opini atau pendapat, pandangan dan perilaku masyarakat.

Dalam kegiatan ini ada sebanyak 100 peserta terdiri dari admin media sosial Perangkat Daerah, perwakilan dari Polres Pemalang dan Kelompok Informasi Masyarakat. Acara tersebut menghadirkan 2 Narasumber yaitu Solikhin dari Pegiat Medsos Kabupaten Pemalang dan Heri Febriyanto dari La Tahzan Studio Comal Kabupaten Pemalang.

(UsM-RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *