Prof Hikmahanto Lantik Jenderal Ali Bogra, Pimpin Ikatan Alumni Unjani

Reformasiaktual.com//Cimahi, — Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Prof Hikmahanto Juwana, S.H, L.L.M, Ph.D, melantik dan mengukuhkan Letjen TNI (Purn) H. Ali Hamdan Bogra, S.Ip, M.Si., menjadi Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unjani dan jajarannya untuk masa Bakti 2022-2026, bertempat di Aula Jenderal Mulyono Gedung Fisip Lt. 4 Kampus Unjani Cimahi, Senin (23/01/2023).

Selain Rektor dan para Dekan, acara juga dihadiri sejumlah pejabat Civitas Akademika kampus “Anak Jenderal” Unjani.

Pada kesempatan itu, selain mengucapkan selamat, Rektor juga menyampaikan pesan kepada pengurus IKA yang baru saja dilantik bisa mensosialisasikan Unjani, agar lebih dikenal masyarakat luas.

“Untuk memajukan Unjani tidak bisa hanya oleh seorang Rektor saja tetapi harus bersama-sama salah satunya dengan para alumninya. Selain itu juga dengan para mahasiswa untuk mensosialisasikan tentang unjani di SMA/SMK.” ujar Hikmahanto dalam sambutannya.

Sesuai arahan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) yang waktu itu masih dijabat oleh Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan, bagaimana Unjani bisa lebih dikenal luas di seluruh Indonesia bahkan Internasional. “Unjani harus bisa menyamai Universitas di Luar Negeri,” ucapnya

Lebih lanjut Prof Hikmahanto menuturkan, bahwa pertama Unjani berdiri sudah lama, kini menginjak usia 33 tahun. Didirikan sejak Akademi Industri Milter (AIM) tahun 1970. Kedua, Unjani yang memantapkan diri sebagai Smart Military University pemiliknya adalah TNI Angkatan Darat (AD) yaitu Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP).

“Kita sudah tahu AD sudah besar dan sangat luar biasa didalam negeri. Begitu juga ditingkat regional dan Internasional.Tetapi kenyataannya kenapa Unjani hanya terkenal di Jawa Barat saja,” ujar pakar Hukum International tersebut disambut tawa alumni yang hadir.

Ditambahkan, Prof Hikmahanto, berharap alumni dapat membantu mensosialisasikan Unjani, dan mengajak pihak Luar. Namun dirinya meminta agar alumni tidak melakukan bisnis didalam universitas.

Karena urusan bisnis, sudah dikelola Yayasan Kartika Eka Paksi. ” Selain itu Unjani jangan hanya berharap dari SPP saja, tapi mencari sumber pendapatan dari pihak luar seperti melakukan Penyewaan Gedung Aula Bagi keperluan berbagai kegiatan yang mendatangkan Pendapatan untuk Unjani,” pungkasnya

Sementara itu, Letjen TNI (Purn) H. Ali Hamdan Bogra, Ketua Ikatan Alumni Unjani kepada wartawan mengatakan, proses terpilihnya dirinya menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Unjani melalui proses Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Unjani.

Pada saat berlangsung Mubes dirinya terpilih secara Aklamasi, untuk memimpin Kealumnian Unjani masa Bakti 2022-2026 beberapa waktu lalu. “Semoga Pengurus IKA Unjani semakin terdorong lebih baik lagi memajukan organisasi untuk menyongsong perkembangan Sains dan Teknologi. Dan ini Tanggungjawab alumni. Program Jangka Pendek kami, bisa mewujudkan dan melaksanakan kegiatan Reuni Akbar Unjani,” tegas Asisten khusus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Staf Ahli Kemendagri Bagian Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI ini.

Selain itu, dirinya selaku Ketum Ikatan Alumni Unjani sudah menyampaikan pesan dari para alumni kepada Rektor Unjani agar dapat merekrut tenaga dosen dari kalangan alumni sendiri. Apalagi tak sedikit alumni Unjani memiliki latar belakang pendidikan diluar negeri, setelah menempuh jenjang S1 di Unjani.

“Senior Alumni Unjani banyak yang hebat-hebat pengetahuannya. Mereka Pintar-pintar Lulusan pendidikan lanjutan diluar negeri,u”ujar mantan Koordinator Staf Ahli KASAD ini.

Juga dapat merealisasikan amanat KASAD, agar ikatan alumni kedepannya dapat ambil bagian dalam meningkat kualitas mutu Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk adik-adiknya dengan memberikan program Berkuliah Gratis ke Luar Negeri melalui LPDP untuk para alumni dan mahasiswa berprestasi yang baru merampungkan Studinya di kampus Unjani, ujar mantan Pangdam Kasuari di Papua Barat ini.

“Sesuai amanat KASAD, Kita berharap Unjani harus bisa “Go Internasional”, pungkasnya.

(Red)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *