Hujan Deras, Api yang Bakar Kebun Karet Warga di Tapsel Padam  

Daerah498 Dilihat

Reformasiaktual.com//Tapanuli Selatan – Berkat hujan deras yang mengguyur Lingkungan I, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), api yang bakar Kebun karet milik warga di kawasan tersebut berhasil padam.

Sebelumnya, pada Jumat (10/3/2023) malam, pihak kepolisian mendapati ada dua titik api di Lingkungan I, Kelurahan Rianiate. Dua titik api terpantau hotspot aplikasi Lancang Kuning.

Selanjutnya, Bhabinkamtibmas Angkola Sangkunur, personel Polsek Batangtoru, dan Sat Sabhara Polres Tapsel langsung bergerak menuju ke titik api. Ternyata, lokasi titik api berada persis di Kebun Karet milik warga.

“Setelah melakukan pengecekan ke lokasi, api yang sebelumnya terlihat bakar Kebun karet warga itu ternyata sudah padam,” ujar Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, pada Sabtu (11/3/2023) pagi.

Dia memaparkan, hujan lebat sejak sore hingga malam di kawasan tersebut, turut berperan besar.

Sehinggga, api berhasil padam dengan sendirinya. Meski begitu, Kapolres menghimbau ke segenap warga, agar tidak membuka lahan dengan cara membakarnya.

Selanjutnya, Kapolres menghimbau masyarakat untuk menghindari membuang benda apa pun yang dapat memicu munculnya api.

Sebab, hal itu dapat merugikan orang lain, akibat asap atau pun kobaran apinya. Selain itu, dikhawatirkan api juga dapat merembet ke Rumah mau pun Lahan warga lain.

“Selain itu, apabila dengan sengaja membakar hutan dan lahan hingga menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, tentu juga ada sanksi pidananya,” tegas Kapolres.

AKS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *