Implementasi P5 dalam Panen Karya Siswa SLBN B Garut

PENDIDIKAN518 Dilihat

Reformasiaktual.com//GARUT- SLB Negeri B Garut Telah Melaksanakan Gelaran Kegiatan Panen Karya Penguatan Propil Pelajar Pancasila ( P5) Dengan Mengusung Tema Kewirausahaan, sebagai Implementasi kurikulum merdeka yang Dicanangkan Kemendikbudristek Dalam Upaya Membekali Peserta Didik untuk Terus Berkarya dan Mengembangkan potensi Diri.

Pembukaan Kegiatan peran karya proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5)
Berbagai Tampilan Kreatifitas dan Bazar Karya yang disuguhkan oleh siswa – Siswi SLB negeri B Garut meriahkan Gebyar Panen Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Acara dibuka secara langsung Kepala KCD wilayah XI Drs. Aang Karyana .M. Pd Di dampingi Kepala Sekolah SLB Negeri B Garut Dra Nia Suniawati .M.Pd dan di hadiri Kabid PKLK .Deden Saeful Hidayat .M.Pd ,Pengawas Drs .H .Ate Suwandi M. Pd , Sekmat Tarogong Kidul Drs .Yogaswara HW ,Kapolsek Tarogong kidul Kompol Alit Kadarusman S.Pd .M.Si bersama serta tamu undangan lainnya , kegiatan yang di gelar di Teras Cimanuk kecamatan Tarogong kidul kabupaten Garut pada hari Rabu (1/3/2023).

Kepala Sekolah SLB Negeri B Garut Dra, Nia Suniawati Menyampaikan Kurikulum merdeka menjadi suatu hal yang penting untuk menjadi perhatian bersama.

“Memang kurikulum merdeka ini bagian dari transisi antara dunia pendidikan yang lalu dengan pendidikan sekarang Dimana para Siswa siswi harus lebih kreatif dan inovatif ” ujarnya.

Panen Karya P5 SLB negeri B Garut Dengan Tema Kewirausahaan ( karyaku masa depanku ) Tema tersebut diambil agar siswa siswi Dimana ditengah derasnya globalisasi dan Demi meningkatkan penguatan ekonomi siswa mempunyai bekal Ilmu berwirausaha
saat di temui di kantor SLB Negeri B Garut oleh awak media pada hari Jumat ,(17/3/2023).

Nia Suniawati mengatakan, pihaknya memberikan kebebasan bagi para siswa untuk mengeksplor Keterampilan dibidang kuliner , seni budaya dan tradisi untuk ditampilkan di panen karya. sebelum puncak acara yang di laksanakan pada bulan Maret ada beberapa tahap yang siswa persiapkan.

Dalam Kegiatan P5 ini siswa melalui 4 Tahap pembelajaran.

  1. Tahap Sosialisasi, siswa diperkenalkan jenis-jenis usaha yang mungkin akan mereka pilih untuk dikembangkan.
  2. Tahap Kontektualisasi, siswa menentukan pilihan jenis usaha yang akan dikembangkan, merencanakan survey dan observasi kegiatan usaha sejenis, melaksanakan latihan pengembangan usaha sesuai jenis prodak yang akan dibuat
  3. Tahap Aksi, siswa merencanakan kegiatan promosi hasil karya, mendisain pengemasan dan pelabelan produk, me, survey lokasi expo, mendekor tempat expo dan melaksanakan kegiatan expo/ promosi
  4. Tahap Evaluasi dan Refleksi. Siswa menganalisis kelebihan dan kekurangan karya yang telah dibuat

“Siswa diberi kebebasan untuk memilih dibidangnya, kemudian mereka obeservasi. Ternyata, Hasil kreatifitas mereka Sangat bagus-bagus dan punya potensi. Kemudian mereka aplikasikan ke tema kewirausahaan. ternyata kurikulum merdeka ini memberikan ruang kepada mereka untuk berkreasi dan ternyata di luar dugaan kami, mereka ternyata lebih kreatif dan banyak potensi-potensi yang tergali dan mudah-mudahan membuat mereka semakin semangat terlepas dari berbagai halangan dan kondisi, kita bisa melihat anak-anak bisa sukses menjalankan peran di proyek ini.” kata Nia.

Kegiatan Panen Karya Digelar dengan sukses dengan adanya dukungan dari semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Alhamdulilah Ini semua tidak lepas dari sinergi semua pihak-pihak dan kami berkolaborasi dengan tim fasilitator projek orang tua siswa, KCD wilayah XI ,Muspika Tarogong kidul untuk mendukung sampai kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses”.

“Harapannya, peningkatan mutu pendidikan terus meningkat terutama di SLB Negeri B Garut dan dukungan dari semua pihak karena memang pendidikan itu sangat penting dan butuh dukungan , tidak bisa instan diperoleh saat ini tapi mungkin beberapa tahun yang akan datang kita bisa melihat buat nyata proses pendidikan yang kita lakukan ini.Mudah mudahan Dengan Kerja keras dan Semangat yang tinggi Program program yang telah ditetapkan Pemerintah demi kemajuan bangsa .Bisa menghasilkan Generasi Emas untuk kemajuan dan Keberhasilan dunia Pendidikan,”pungkasnya.

Pian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *