Polres Tapsel Cek Ketersediaan Sembako di Paluta  

Daerah266 Dilihat

Reformasiaktual.com//Padang Lawas Utara – Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) cek ketersediaan pasokan sembako di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kamis (13/4/2023) pagi. Tercatat, Polres Tapsel melaksanakan cek ketersediaan sembako di beberapa titik di Kabupaten Paluta

Tampak hadir, Kabag SDM Polres Tapsel Kompol Bumbunan Lumbanraja. Kabag Ekonomi Paluta Jhonson Muda. Kadis Perhubungan Paluta Khadafi Nasution. Kanit II Ekonomi Sat Reskrim Polres Tapsel Iptu Aswin Manurung, SH. Kanit Lantas Polsek Padang Bolak Ipda Mukhlis Siregar.

Selanjutnya, Kanit Ekonomi Sat Intelkam Polres Tapsel Aiptu Tuddy Darma S. Lalu, Staf Perekonomian Paluta Ishak Pohan. Staf Perikanan dan Peternakan Paluta Parulian Harahap. Staf Ketahanan Pangan Nidya Fitriani Hasibuan. Dan 3 personel Satpol PP.

Tidak Terjadi Kelangkaan
Awalnya, personel melakukan pengecekan ketersediaan dan kedaluwarsa sembako yang ada di Pasar Modern Alfamidi Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta. Unji, selaku Kepala Toko menerangkan, sampai saat ini ketersedian sembako di Alfamidi tidak mengalami kelangkaan.

Dan, Alfamidi tidak ada menjual sembako yang kedalwuarsa. Setelahnya, personel bertolak ke Pasar Tradisional Gunung Tua untuk melakukan pengecekan ketersedian bahan-bahan pokok. Dari hasil pengecekan untuk daging ayam harganya Rp27 ribu per Kg. Minyak goreng curah Rp14 ribu per Liter.

Kemudian, bawang merah Rp27 ribu per Kg. Bawang putih Rp28 per Kg. Gula pasir Rp16 ribu per Kg. Beras Premiun Rp12 ribu per Kg. Cabai Rp 25 ribu per Kg. Dan, telur Rp45 per papan. Berdasarkan keterangan dari pedagang di Pasar Tradisional Gunung Tua, sampai saat ini ketersediaan sembako maupun harga masih stabil.

Lalu, personel berkunjung ke salah satu Grosir Sembako “Toko Sahabat”. Berdasar terangan pemilik Toko, sampai saat ini ketersedian sembako maupun harganya masih relatif stabil. Personel juga lakukan kunjungan ke Pasar Murah yang berada persis di depan Pasar Tradisional Gunung Tua.

Pemkab Paluta menggelar Pasar Murah tersebut, bekerja sama dengan pihak Bulog yang menyediakan bahan sembako. Adapun sembako yang tersedia di Pasar Murah antara lain, beras medium kemasan 5 Kg dengan harga Rp46 ribu. Dan, Minyak Kita dengan harga Rp13 ribu per Liter.

Pasar Murah Jaga Kestabilan Harga
Usai pengecekan, Kabag SDM menyebut bahwa, kegiatan Pasar Murah oleh Pemkab Paluta tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan sembako dengan harga yang murah. Kegiatan Pasar Murah itu juga bertujuan untuk menjaga kesetabilan harga sembako di Pasaran menjelang Hari Raya ‘Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Dari pantauan tim di Lapangan, harga sembako di wilayah Kabupaten Paluta hingga saat ini belum ada kenaikan yang signifikan,” jelas Kabag SDM.aks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *