Puluhan Rumah Warga Terkena Banjir di Kec Simpang Pematang Mesuji

Daerah238 Dilihat

Mesuji//reformasiaktual.com-
Akibat di diguyur hujan yang cukup deras hingga Dua Desa Simpang Mesuji dan Adi Jaya, Kecamatan Simpang Pematang berduka puluhan rumah terendam banjir, banjir tersebut terjadi pada Jum’at malam 14 April 2023,sekitar pukul 9:41 wib.

Pasalnya,semakin dangkalnya penyempitan aliran sungai dan tumpukan sampah mengakibat meluapnya air naik ke rumah-rumah warga sekitar dan mengakibatkan rumah warga tergenang air

Mendengar informasi tersebut Kepala Desa setempat dengan sigap menginformasikan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)Kabupaten Mesuji,Untuk turun kelokasi,

Dengan adanya informasi tersebut,kepala BPBD Kabupaten Mesuji,Sunardi Nyerupa, beserta jajarannya menuju kelokasi yang terdampak bencana banjir,

Sunardi Nyerupa mengatakan,”kita baru saja menangani Desa Talang Batu beberapa hari,malam ini kami mendengar informasi laporan dari kepala Desa Simpang Mesuji, kami langsung bergegas turun kelokasi meskipun diguyur hujan.

“Ya mau bagaimana lagi, ini merupakan sudah menjadi tugas kita yang sudah melekat di badan kita, kita mementingkan masyarakat yang terdampak, rasa kasih sayang kita terhadap masyarakat dari pada mementing diri kita, terkait kesehatan kita, kita pasrah kepada Tuhan yang maha esa.”Ungkap Sunardi.

Dijelaskannya,”Posisi kami malam ini mengevakuasi di RK 07 simpang Mesuji, embung Albaret airnya naik hingga 1 meter. dan menelusuri kelainnya yang terdampak banjir,”Kata Sunardi .

Kepala Desa Simpang Mesuji,Supardi, mengatakan,”ini merupakan luapan air dari embung Albaret dan aliran beberapa anak sungai lainnya dari atas yang tersumbat, ketika di musim hujan pasti berdampak ke pemukiman warga dikarenakan berdekatan dengan aliran anak sungai.

“Ini sudah lama sekali tidak terdampak,baru tahun ini terdampak banjir,mungkin diakibatkan semakin dangkalnya dan penyempitan karna tumbuhan alam dan tumpukkan sampah yang terlalu banyak dan menyumbat,sehingga aliran air kurang lancar.

Nanti saya akan laporan dan berkordinasi dengan dinas terkait meminta agar adanya penangan serius,agar aliran sungai tersebut bisa di dalamkan kembali.

Selain itu juga Saya meminta kesadaran masyarakat sekitar Simpang pematang khususnya simpang Mesuji agar tidak membuang sampah kealiran sungai,ini sangat berdampak sekali bagi warga yang bermukim di lokasi yang rendah.”tutupnya,(( Roni))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *