Mengahadapi Kemarau Petani Minta Sawah Diairi Kades Langsung Turun Tangan

Daerah350 Dilihat

Reformasi Aktual.com//Kabupaten Karawang
Ratusan hektar sawah di Desa Cirejag, Kecamatan Jati Sari, Kabupaten Karawang, Terancam kekeringan apabila tidak ada stoc air yang cukup banyak.

Padahal aliran air ada tapi tidak mencukupi kerap tersendat yang akhirnya untuk mencukupi kebutuhan air dari nyawah sampai panen kurang lebih 4 bulan lamanya masyarakat petani meminta kepada Kepala Desa Cirejag Dadang Supriatna untuk menyediakan mesin pompa. Rabu (07/006/2023)

Atas permintaan petani kades merespon, kini mesin pompa mulai aktif siang dan malam mengairi aliran sawah sawah tersebut yang di sedot dari sungai cirejag.

Kades ciredag Dadang Supriatna membenarkan adanya permohonan petani tentang adanya permohonan para petani tentang pompa air,kini sudah berjalan efektif, tentunya kami sangat merespon sebab pendapatan masyarakat di desa cirejag hampir 60 persen mengandal kan pendapatan dari hasil pertanian terlebih adalah padi sedangkan 40 persen nya ada yang menjadi PNS,karyawan dan pedagan, adanya permohonan petani tentunya kami ikut gembira karena jauh dari ancaman kelaparan bila padi hasil di panen.

Mesin pompa air yang digunakan memang hanya 1 tapi mampu mengairi area pertanian 100 sampai 200 hektar, mesin beroprasi mulai dari nyawah hingga panin, mesin siang malam di hidupkan kecuali kalau sudah berbuah tentunya air di kurangi, sistim mengairi bukan kuli melainkan swadaya karena yang namanya milik Desa ya tentunya milik masyarakat hanya saja para petani berpatungan untuk membeli solar”, pungkasnya.

(Kidalang RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *