TP PKK Kota Bukittinggi peringati Hari Lanjut Usia Nasional ke 27

Daerah574 Dilihat

Reformasiaktual.com // Hari Lanjut Usia Nasional 2023 jatuh pada tanggal 29 Mei setiap tahunnya. Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) setiap tahun adalah bentuk apresiasi pemerintah atas semangat jiwa raga, serta peran penting para lanjut usia di Indonesia.

Semangat jiwa raga dan peran penting para lanjut usia Indonesia, serta kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Balairung rumah dinas Walikota, Kamis (22/06/2023).

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, mengapresiasi semangat para lansia di Bukittinggi.

Momentum peringatan Hari Lanjut Usia Nasional hendaknya menjadi pendorong bagi seluruh pihak untuk lebih memperhatikan keberadaan para lansia.

Pemko sendiri telah melaksanakan program kesehatan, yang ditujukan untuk meningkatkan status kesehatan lansia, ditunjang dengan :

  • Ada 63 Posyandu Lansia yang tersebar di semua kelurahan.
  • Tujuh Puskesmas yang bisa dikatakan
  • Puskesmas yang santun pada lansia dan
  • Sembilan kelompok pemberdayaan

Yang menjadi ajang pentingnya keberadaan lansia dalam mengayomi anggota keluarga dan kelompok masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Dalam kesempatan HLUN ke 27 ini, dilaksanakan kegiatan senam sehat dan juga fashion show oleh para lansia Kota Bukittinggi.

Kepala Dinas Kesehatan, Linda Feroza, menjelaskan, Kota Bukittinggi merupakan Kota dengan Usia Harapan Hidup Tertinggi di Provinsi Sumatera Barat yaitu 74,4

Artinya, komposisi penduduk usia lansia semakin besar, saat ini jumlah Lansia di Kota Bukittinggi sekitar 11.636 orang (hampir 9 % dari total penduduk) dan pada tahun 2025 diproyeksikan meningkat menjadi 136.716 jiwa (10%).

Perlu diketahui bahwa tema hari lanjut usia yang ke 27 kali ini bertema ” lansia sehat Indonesia bermartabat”.
(Adju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *