Kadis Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Di Paluta Buka Sosialisasi Penyakit PMK

Daerah817 Dilihat

Padanglawas Utara-Reformasi Aktual.com, Kepala Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Padang Lawas Utara Sapri Dewasa Simamora S.Pi, MM buka Sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di aula kantor dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Paranginan Kamis 13 Juli 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Parulian Harahap SPd, MSi, Kabid Peternakan Alexander Muda S.pt, Kabid Kesehatan Hewan drh. Samsul Bahri Siregar, Nara Sumber drh. Calvin Iffandi, drh. Rahanto, Kepala desa Batang Pane II Slamet Nugraha, Perwakilan dari kelompok tani Peternakan se kab Paluta dan undangan lainnya.

Kadis Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Sapri Dewasa Simamora SPi, MM dalam sambutannya mengatakan sangat bersyukur kepada perwakilan daru kelompok tani Peternakan yang telah hadir untuk mengikuti sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang diprogramkan pemerintah Pusat sampai kedaerah kabupaten untuk antisifasi penyakit menular hewan ternak kerbau, lembu, kambing, babi, anjing, kucing, ayam dan ternak unggas lainnya.
Khususnya kepada nara sumber agar memaparkan kepada peserta apa bahaya yang memungkinkan terjangkitnya penyakit menular kepada manusia dan apa tindakan berikutnya.

Lebih lanjut Kadis menyampaikan kepada peserta agar semua ternak akan di vacsin dan memberi tanda kepada hewan ternak yang sudah diberi vacsinasi.
Program ini adalah program nasional akan berkesinambungan sampai tahun 2025.
Kadis juga mengharapkan kepada kelompok tani peternakan sebagai penyambung tangan pemerintah kepada petani peternak untuk memberitakan pentingnya vacsinasi terhadap ternak lembu dan kerbau demi menjaga terjangkitnya penyakit mulut dan kuku terhadap ternak tersebut.

Dalan kesempatan yang sama Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet drh Calvin Iffandi menerangkan bahaya penyakir mulut dan kuku terhadap hewan ternak khususnya lembu dan sapi bisa terjangkit pada manusia. Dari itu mari bergandeng tangan untuk pencegahan virus itu seperti Antraks dan Rabies dengan vacsinasi Cavac dan semprotan Disenfektan pada kandang dan tubuh hewan tersebut.aks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *