Ketua ABPEDNAS Pusat H Deden Samsudin S H Dan Ketua ABPEDNAS Kabupaten Bandung Barat H Jalalludin Beserta BPD Setuju Kepala Desa Mencalonkan Menjadi Bupati / Wakil Bupati 2024

Daerah631 Dilihat

Reformasiaktual.com//Cihanjuang Bandung Barat-
Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Bandung Barat menggelar Rapat Kerja Cabang di gedung Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat Kamis 13 Juli 2023, Ketua ABPEDNAS Kabupaten Bandung Barat,” H. Jalaludin mengatakan tujuan rapat kerja ini sebagai salah satu ajang silaturahmi antara pengurus kabupaten dan kecamatan se-Kabupaten Bandung Barat, serta memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk sinergitas pembangunan dari pusat hingga Desa.

Ketua ABPEDNAS H.Jalalludin menuturkan Rakercab ini diharapkan mampu memunculkan konsep-konsep yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas BPD (Badan Perwakilan Desa) di Kabupaten Bandung Barat. Karena masih banyaknya kebingungan soal kurangnya pengetahuan berkaitan tentang regulasi dan mekanisme.

“Oleh karena itu kita berharap kepada BPD se-kabupaten Bandung Barat pada periode ini bisa mensupport dan juga bisa meningkatkan kapasitasnya berperan aktif dalam proses yang ada di Desa, baik perencanaan mulai dari RPJMDES, RKAP sampai penyusunan APBD Desa terlihat aktif termasuk untuk pengawas Pemerintah Desa, maka BPD harus mensupport kegiatan Desa supaya APBDES bisa meningkatkan dari segi ekonomi melalui BUMdes atau melalui kegiatan-kegiatan ekonomi Desa, dan juga BPD harus melakukan penyerapan aspirasi masyarakat,” Terangnya.

H. Jalal ( sapaan akrabnya) disinggung soal Pilkada 2024, mengatakan bahwa ini sangat setuju dan membagakan ada salah satu Kepala Desa yang pingin Mencalonkan Bupati / Wakil Bupati salah satunya pak Gagan Wirahma Kepala Desa Cihanjuang beliau orang politik orang pergerakan beliau aktip dalam segala kegiatan ini patut di dorong dan didukung untuk kemajuan Pemda Bandung Barat
Kepala Desa yang maencalonkan kita perlu mensupport,” Pungkasnya

Pada momentum ini, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Yang diwakili oleh Plt Kadis DPMD Siti Nurliyah menyampaikan Rakercab ini merupakan rencana memberikan masukan kepada Kades yang nanti bisa dituangkan di Musrengbangdes. Selain itu BPD juga harus ikut bermusyawarah dalam Musrengbangdes yang nantinya menyampaikan beberapa usulan agar tercapainya musyawarah mufakat.

“Sebuah Pemerintahan Desa bisa makin baik dan produktif kalau kepersertaan BPD itu disertakan sejak perencanaan awal,” ungkapnya.

Lebih lanjut Plt DPMD Siti Nurliyah berharap agar Rapat Kerja ABPEDNAS ini bisa menyalurkan, mempercepat terhadap program penanganan kemiskinan, stanting, gizi buruk, indeks pembangunan manusia di bidang pendidikan.

“Setelah disisir warga yang perlu ditangani, berharap dengan adanya Rakercab nantinya bisa diaspirasikan didalam Musrengbangdes,” tegasnya.

Di akhir sambutannyaIbu Kadis Siti menambahkan bahwa BPD berperan juga dalam menyisir potensi-potensi penerimaan Desa yang berbasis dari aset Desa. BPD bisa mengusulkan program kepada Kepala Desa terkait inventaris barang milik Desa antara yang bisa dikomersilkan, serta yang masih bisa dikelola untuk meningkatkan pendapatan Desa Pungkasnya

Ketua Asosiasi Perangkat Desa (APDESI) Kabupaten Bandung Barat yang diwakili oleh Sekjen ( APDESI) Kabupaten Bandung Barat Gagan Wirahma S.iP, juga sebagai Kepala Desa Cihanjuang mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, sejak kepemimpinan Ketua ABPEDNAS Bandung Barat H.Jalalludin bisa menyelenggarakan bimbingan teknis peningkatan kapasitas.

“Mudah-mudahan bisa meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan kapasitas BPD di tiap-tiap Desa se Kecamatan Parongpong pada khususnya, dan umumnya seluruh anggota BPD di Kabupaten Kabupaten Bandung Barat, Selain itu bisa lebih sinergi dengan pemerintahan Desa, ” Ujar Gagan kepala Desa Cihanjuang juga Sebagai Sekjen Apdesi Kabupaten Bandung Barat.

Gagan Wirahma sebagi Sekjen Apdesi berharap dengan kegiatan ini semakin semua sinergi di tingkat pemerintahan Desa. ” Namanya pemerintahan Desa kan terdiri dari kepala Desa, perangkat Desa, dan BPD. Saya ingin semuanya sinergi. Nantinya berkordonasi dengan kami,” Pungkasnya

Sementara Ketua ABPEDNAS H.Deden Samsudin S.H pendiri ABPEDNAS pusat, menyampaikan, peran penting BPD di Desa sangat penting untuk pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Di rapat kerja ini BPD harus bisa lebih sukses Desa-Desa nya, mereka harus bisa membuat ide dan gagasan baru yang dapat menopang pembangunan.

H.Deden Samsudin S.H merasa bangga dan setuju dipilkada nanti 2024 ada Kepala Desa siap Mencalonkan Menjadi Bupati / Wakil Bupati, ini adalah salah satu kemajuan daerah dan dipemerintahan, Kepala desa adalah lembaga pemerintahan yang tau seluk beluk keadaan dimasyarakat pastinya perlu dukungan dan kerja samanya, sudah banyak Kepala Desa yang menjadi Bupati dan menjadi Dewan, contoh Bupati Bandung Pak Dadang Naser beliau mantan BPD Juga seorang mantan Kades, kenapa gak di Kabupaten Bandung Barat juga selentingan udah ada yang dcalonkan rumornya Pak Gagan Wirahma Kades Cihanjuang beliau saya kira udah pantas beliau jadi Kepala Desa Tiga periode, yang lainnya seperti Kades Asep Bahtiar, Kades Yanto Bin Surya ( Steve Ewon), Kades Obar, Kades Jajang dan Kades lainnya itu semua Kepala Desa yang berprestasi dan orang pergerakan.

Dengan adanya rapat kerja ini dapat menumbuh kembangkan sinkronisasi antara BPD, perangkat Desa dan kepala Desanya yakni tugas fungsi dan target-target kinerja akan tercapai.
H.Deden menekankan untuk diusahakan Desa-Desa ini dapat meningkatkan potensi yang ada, di mana di setiap Desa berbeda potensi dan harus cerdas menggali potensi yang ada di setiap wilayah kerjanya,” Pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Cimahi AKP Maman SH., MH menyatakan peran ABPEDNAS sangat penting apalagi terkait BPD yang merupakan mitra Kepala Desa dalam membangun Desa, menggali potensi Desa dan Sumber Daya Alam Desa yang mampu untuk dikembangkan sebaik mungkin.

AKP Maman berpesan agar PAC ABPEDNAS mampu tampil dengan jujur dalam menyampaikan laporan-laporan yang ada di setiap Desa terutama Dana Desa. Bekerja dengan baik, jujur dan mampu bersinergi dengan pemerintah Kecamatan dan Kabupaten.“Untuk itu, saya meminta ABPEDNAS, BPD dan Kepala Desa bekerja sama, kompak serta terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten demi terwujudnya Bandung Barat Berka Bangkit, Adil dan Sejahtera.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat Adie Saputro mengatakan penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024 serta bersinergi selama tahapan berlangsung dengan (ABPEDNAS).

Ketua KPU Adie Saputro dalam perbincangan yang berjalan penuh keakraban tersebut PPK Kabupaten Bandung Barat, yang turut serta hadir memperkenalkan diri dan menjelaskam mengenai tahapan Pemilu yang saat ini berjalan.
“Kami hadir disini dalam rangka silaturahmi dan sekaligus meminta saudara untuk turut serta menyosialisasikan Pemilu dan berkomitmen untuk siap bersinergi selama tahapan berlangsung hingga tahun 2024,” ujarnya

Silaturahmi ini akan semakin memantapkan kerjasama untuk saling mendukung antara PPK Kabupaten Bandung Barat dengan ABPEDNAS, utamanya dalam menyosialisasikan tahapan Pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyaraka.

Journalist Aan iyus RA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *