Hj Sitti Nurwana Berhasil Antarkan SDN 060 Pekkabata Sebagai Sekolah Adiwiyata di Polman

Daerah761 Dilihat


Polewali Mandar//ReformasiAktual.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 060 adalah salah satu sekolah dasar unggulan yang berada di Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah (Kasek) Hj. Sitti Nurwanah S.Pd, M.Pd diakhir Mei 2019, sejumlah terobosan diciptakan dan dilahirkan dalam suasana yang lebih harmonis antara murid dan guru.
Selain itu, Sitti Wana dalam kepemimpinannya senantiasa meminta dan menerima kritikan dan masukan serta saran dari pihak lain. Baik melalui kotak saran yang telah disiapkan di sekolah maupun melalui via telepon. SDN 060 adalah sekolah Adiwiyata yang saat ini menuju pada taraf Adiwiyata Nasional.
Salah satu bentuk demokrasi dibawah kepemimpinan Sitti Wana panggilan akrab Hj Sitti Nurwana, dia secara reguler mengumpulkan orang tua murid dengan membuat aturan bersama yang disepakati secara bersama pula, seperti pada pertemuan yang dilakukan pada Sabtu, 15 Juli 2023. Dalam pertemuan yang diwarnai dengan  dialog interaktif dinamis telah melahirkan pertemuan itu sedikit alot.
Salah seorang perwakilan orang tua murid telah mengusulkan agar sekolah ini hendaknya bebas dari asap rokok yang kemudian langsung direspon positif oleh Sitti Wana. Sebagai seorang pimpinan dengan tegas mengatakan,” Siapapun orangnya, jika sudah masuk ke dalam ruang dilingkungan Sekolah Dasar Negeri 060 wajib hukumnya untuk tidak merokok.” tegas dia.
Hal itu telah kami wujudkan agar diruangan khususnya dalam lingkungan sekolah bisa tercipta udara yang segar dan tidak membawa penyakit yang bisa berdampak kepada anak didik.” ungkap dihadapan rapat dengan orang tua murid.
Setelah pertemuan berlangsung maka aturan kesepakatan ditandatangani oleh kepala sekolah dan perwakilan dari orang tua murid yang diwakili oleh Agussalim HN. “Sekolah Dasar Negeri 060  adalah salah satu sekolah dasar terpercaya dimata masyarakat yang berada di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat yang telah dibuktikan saat penerimaan siswa baru secara daring. Link pendaftaran saja hanya terbuka beberapa saat dan segera tertutup ketika kouta muridnya terpenuhi.” ungkap dia.
Sejak sekolah ini dibawah kepemimpinan Sitti Nurwana diakhir Mei 2019 yang lalu, ia telah menorehkan sejumlah terobosan dan menciptakan suasana yang lebih harmonis dan kodusif antara murid dan guru. Disamping itu, Sitti Nurwana pun menerima kritikan dan masukan baik melalui kotak saran yang telah disiapkan disekolah maupun melalui via call. SDN 060 dikenal sebagai sekolah Ramah Anak yang sekaligus Sekolah Adiwiyata dan saat ini sedang berjuang menuju tingkat nasional.
Sebagai sekolah Ramah Anak, Sitti Nurwana telah membangun sinergitas guna membangun komunikasi untuk menghadirkan orang tua murid dalam mensosalisaikan kurikulum yang akan digunakan di sekolah dan membuat kesapakatan tentang tata tertib sekolah. Hasil kesepakatan ini ditandatangani perwakilan siswa sebagai pelaksana tata tertib termasuk orang tua siswa sebagai penanggungjawab di rumah yang diwakili oleh Agussalim HN.
Sitti Nurwana sebagai pemimpin pembelajaran di SD Negeri 060 Pekkabata berhasil mengantar sekolahnya sebagai salah satu Sekolah Penggerak Angkatan Ke- 2 dengan berupaya memaksimalkan pelaksanaan program yang berpusat pada peserta didik.

(M. Daeng Siudjung Nyulle/MR)
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *