Desa Dayeuh Tingkatan Infrastruktur Antar Kampung Melalui Program Samisade Tahun 2023

Daerah397 Dilihat

Reformasiaktual.com//BOGOR- Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, yaitu Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2023 sudah digulirkan dibeberapa kecamatan hingga Program ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur dari berbagai aspek, mulai jalan, saluran air TPT dan lain sebagainya, serta harus dijalankan sesuai juklak juknis yang sudah diatur pemerintah daerah.

Seperti Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, yang mulai merealisasikan program tersebut dengan melakukan betonisasi jalan penghubung antar kampung, tepatnya di Kampung Babakan RW 007.

Pelaksanaan pengecoran jalan program Samisade tahap 1 dipantau langsung Kepala Desa Dayeuh, Jamhali BJ dan Sekertaris Desa (Sekdes) Nazmudin, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Linmas, Karang Taruna dan para staf desa yang terlibat dalam kegiatan ini, Kamis (20/7/2023).

“Alhamdulillah warga kami sangat kompak, gotong royong, saling membantu dengan pegawai desa yang telah ditunjuk untuk mengawal pekerjaan pengecoran jalan antar kampung,” ucap Jamhali BJ, kepada wartawan di lokasi pengecoran.

Menurut kades, peningkatan infrastruktur jalan desa adalah prioritas utama guna meningkatkan perekonomian dan mobilisasi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari.


“Adanya kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan warga sangat antusias dengan dibangunnya jalan penghubung ini, terbukti dalam proses pengerjaan banyak dibantu warga,” ujarnya.

Jamhali menambahkan, tujuan utamanya adalah untuk percepatan akses jalan menjadi lancar dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan. Jalan yang semula berlubang dengan adanya pengecoran jalan tentunya perekonomian warga semakin meningkat.

“Pembangunan jalan betonisasi tahap 1, dengan volume panjang 480 meter, lebar 4 meter, tebal 0,15 cm bersumber dana APBD Kabupaten Rp599.100.000, yang dilaksanakan di Kampung Babakan RW 007, Desa Dayeuh,” jelasnya.

Kades menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor atas program Samisade, karena sangat berarti pada salah satu upaya pendukung pencapaian khususnya dalam hal bermartabat secara ekonomi.

“Untuk Pemkab Bogor, terima kasih adanya program untuk perbaikan infrastruktur jalan pedesaan yang nantinya mobilisasi masyarakat dan lain-lain bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

(DEDI) RA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *