Kajari Selayar Irup HUT Pramuka Ke- 62 di Bumi Perkemahan Tamalanrea

APH186 Dilihat

KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini, SH MH pagi tadi sekitar pukul 08.00 Wita, Senin 14 Agustus 2023 menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Ke- 62 Tingkat Kecamatan Bontomate’ne tahun 2023 yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Tamalanrea Kalaroi Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan. Sementara yang bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Kurniawan Nur siswa dari SMAN 2 Selayar Batangmata pada jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

        Hari Ulang Tahun Pramuka Ke- 62 ini diikuti sekitar 1.000 peserta yang terdiri dari 600 murid dan siswa-siswi dari 25 jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Kecamatan Bontomate’ne. Sedangkan pengibar bendera merah putih terdiri dari Jirwan, Nur Fadli Akbar, Aidil, Ahmad Indar Dewa, M. Ulil Amri, Arya Ananta, Muhram Fajar, Diva Adinda Aurelia, Irera Maudy, Anju Resnita Sari, Windya Tri Puspita Lestari dan Fitri Ramadhani Armas.

        Kemudian tampil sebagai Pembaca Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yaitu Jihan Ramadhani, Pembaca Pancasila yakni Annisa Angraeni Aulia Husa dan pembaca Dasa Dharma ialah Misa Sasmita dan Pembacaan Dwi Dharma oleh Nurul Izzah. Turut hadir Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kepulauan Selayar, Ir H Arfang Arief, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Inspektur Satu (Iptu) Suhardiman, SH M.Si, Komandan Rayon Militer (Danramil) Bontomate’ne, Mayor Inf Muh Basir, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Bontomate’ne, Tajuddin, S.Pd serta Ketua Panitia Perkemahan, Patta Surung, S.Pd, Kepala Desa Tamalanrea, Awaluddin, Kepala Desa Maharaiya, Abd Rahman dan Kepala Desa Bungaiya, Alimuddin.

        Camat Bontomate’ne, Andi Rusmin, S.Sos, MM mengungkapkan bahwa upacara pembukaan perkemahan yang dipusatkan di Kalaroi Desa Tamalanrea pada Sabtu, 12 Agustus kemarin dibuka oleh Kapolsek Iptu Suhardiman dan resmi ditutup sore tadi sekitar pukul 17.00 Wita oleh Danramil, Muh Basri.

        Kajari Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini dalam sambutannya mengemukakan,” Pada Peringatan HUT Pramuka Ke- 62 Tahun 2023 telah mengusung thema “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke- 62, Mari Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan.” Thema ini telah menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional dengan mencermati SDM yang kita miliki saat ini masih sangat jauh dari harapan. 

         Wawasan kebangsaan juga menjadi sangat urgent agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur dan tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara tetap membara apalagi dalam menghadapi tahun politik 2024 nanti. Olehnya itu, persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus solid serta menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan dan kesatuan.” imbuhnya.

       Perlu diakui lanjut Hendra Syarbaini, jumlah sumber daya manusia dalam Gerakan Pramuka khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka dinilai masih sangat terbatas. Oleh karena itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan.” paparnya.

       Tahun 2023 ini akan dilaksanakan beberapa kegiatan nasional. Diantaranya, Raimuna Nasional, Perkemahan Bhakti Satuan Karya (Pertisaka), Bhakti Husada Tingkat Nasional, Musyasarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra-Putri Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh Propinsi Aceh. Olehnya itu, marilah bersama-sama untuk mendukung dan mensukseskan semua kegiatan ini.” ajak Kajari mengakhiri sambutannya.

(M. Daeng Siudjung Nyulle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *