Polda Jabar Himbau Masyarakat Untuk Antisipasi Kebakaran di Musim Kemarau

TNI/Polri316 Dilihat

Reformasiaktual.com//Berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG terkait fenomena El Nino atau pemanasan suhu muka laut yang menyebabkan penurunan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia khususnya Jawa Barat. Fenomena El Nino di prediksi akan berakhir pada bulan September hingga Oktober 2023.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa dalam upaya mengantisipasi kebakaran pada kemarau panjang ini, Polda Jabar memberikan imbauan kepada masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran.

“Kita telah beri arahan kepada jajaran terutama personel Bhabinkamtibmas agar selalu membaur bersama warga dan rajin turun ke wilayah binaan guna menyampaikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat, terutama antisipasi terjadinya kebakaran saat musim kemarau saat ini.” ucapnya.

“Musim kemarau atau cuaca panas itu sangat rawan menimbulkan potensi peristiwa kebakaran, banyak faktor yang akan menjadi pemicunya,” ungkapnya. 

Ibrahim Tompo pada kesempatan tersebut juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan dan meninggalkan lokasi pembakaran dengan kondisi api yang masih menyala.

“Jika ingin membakar sesuatu di lahan kosong atau membakar sampah di lingkungan masing-masing, masyarakat hendaknya melokalisasi secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat rambatan api dari pembakaran yang dilakukan tersebut,” jelasnya

Selain itu konsleting listrik, lupa mematikan kompor serta alat elektronik lainnya juga beberapa hal yang menjadi penyebab sumber kebakaran.

“Sekali lagi Dihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai hal tersebut serta menghindari hal-hal yang akan menjadi pemicu terjadinya kebakaran,” tutup Ibrahiim Tompo.

Bandung 30 September 2023

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *