Plt Bupati Asmar Ikuti Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Daerah284 Dilihat

JAKARTA – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar Hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).

Kegiatan tersebut diikuti langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Selain itu juga diikuti secara virtual oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Menko Airlangga Hartanto, menjelaskan Rakornas tersebut bertujuan untuk mensinergikan kebijakan kementerian dan lembaga dengan pemerintah daerah, terhadap layanan digital yang telah diatur.

“Setiap kebijakan yang telah diatur oleh pemerintah pusat dalam hal P2DD ini, harus dijalankan dan dilaksanakan oleh oleh pemerintah daerah, semua ini demi kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani turut menyampaikan, salah satu upaya untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, adalah dengan pembangunan ekonomi digital dan infrastruktur digital.

“Dari evaluasi kinerja pengelolaan keuangan daerah menunjukkan belum selaras antara perencanaan penganggaran pusat dan daerah. Sehingga sering kita melihat APBN dan APBD belum berjalan secara sinkron dan optimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengajak seluruh kepala daerah dan masyarakat untuk menjaga momentum Indonesia Maju, caranya dengan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kepala daerah harus berperan aktif dalam melakukan percepatan. Saat ini kita harus terus menggalakkan transaksi keuangan berbasis digital, yang mana kesemuanya akan berimplikasi terhadap keuangan daerah,” ujar Wapres.

Usai mengikuti Rakornas tersebut, Plt Bupati Asmar menegaskan Pemkab Kepulauan Meranti siap mendukung upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Terlebih dalam hal pengelolaan sistem keuangan berbasis digital.

“Kita siap membantu upaya percepatan digitalisasi ini, baik dalam hal pengelolaan keuangan daerah maupun pembangunan sektor lainnya,” kata Asmar.

Dalam kesempatan itu juga diumumkan Pemda Qris Award 2023. Untuk kategori Volume Qris Terbanyak, Kepulauan Meranti berada di urutan 10 di Provinsi Riau. Sedangkan kategori Nominal Qris Terbanyak, Kepulauan Meranti berada di urutan 13 di Provinsi Riau.

Ikut mendampingi Asmar, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Edi Susanto, Plt Kepala Bagian Umum Setda Agustiono, Kasubbag Keuangan Setda Sumarno, dan Kepala Bidang IKP Diskominfotik Dody Hamdani. (Prokopim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *