Tegang!!! Polres Pesawaran Gelar Simulasi Sispamkota Pemilu 2024 Sampai Eskalasi Tertinggi

TNI/Polri122 Dilihat

Pesawaran//reformasiaktual.com – Polres Pesawaran kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu tahun 2024 dengan sukses menggelar Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) dan simulasi kontijensi. Kegiatan berlangsung pada Sabtu 21 Oktober 2023, mulai pukul 08.00 hingga 10.30 WIB, dan diselenggarakan di Lapangan Pemkab Pesawaran dan Kantor KPU Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain PJU Polres Pesawaran, Asisten 1 Pemkab Pesawaran, Pabung Kodim 0421 Lamsel, Kasubsi Jibom Sat Brimobda Polda Lampung, Perwakilan DPRD Kab. Pesawaran, Kasi Intel Kajari Pesawaran, Ketua KPU Kabupaten Pesawaran beserta anggota KPU lainnya, Kaban Kesbangpol Kabupaten Pesawaran, Kasatpol PP Kabupaten Pesawaran, Perwakilan 18 Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Pesawaran.

Kapolres Pesawaran  AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H., S.Ik, M.M. mengatakan Dalam rangkaian kegiatan ini, beberapa peragaan situasi dilakukan untuk menguji kesiapan Polres Pesawaran menghadapi kontingen keamanan terkait Pemilu 2024. Beberapa di antaranya mencakup Pengamanan Kampanye Pasangan Capres-Cawapres, Personil Polres Pesawaran menunjukkan kemampuan dalam mengamankan pelaksanaan kampanye pasangan Capres-Cawapres, Pengamanan Jalur Escape Saat Pengawalan Paslon Capres-Cawapres.

Simulasi ini melibatkan penggunaan jalur escape saat pengawalan paslon Capres-Cawapres menghadapi penghadangan oleh massa di perjalanan, Pengamanan Kerusuhan di TPS Saat Pelaksanaan Pemungutan Suara, Polres Pesawaran menunjukkan kesiapannya dalam mengatasi situasi kerusuhan di Tempat Pemungutan Suara serta Pengamanan Unras Anarkis di Kantor KPU Kabupaten Pesawaran.

Dalam simulasi ini, Polres Pesawaran menunjukkan kesiapan untuk menghadapi unjuk rasa anarkis yang mungkin terjadi pasca-pleno hitung suara, dengan melibatkan personel Sat Brimob Polda Lampung. Selain itu, simulasi juga mencakup pengamanan terhadap objek yang diperkirakan bom di Kantor KPU Kabupaten Pesawaran oleh Jibom Sat Brimob Polda Lampung.”Ujar Kapolres”.

Kegiatan Sispamkota ini menjadi upaya Polres Pesawaran untuk memastikan kesiapan dalam mengamankan tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Pesawaran. Seluruh rangkaian simulasi tersebut berjalan dengan baik dan aman, mencerminkan kesiapan Polres Pesawaran dalam menghadapi berbagai kontijensi yang mungkin terjadi dalam proses Pemilu 2024.”Tutup Kapolres

( Zul-RA )