Sambut HAB Ke- 78, Kemenag Selayar Berwisata Religi di Pulau Bahuluang

Daerah385 Dilihat


KEPULAUAN SELAYAR//ReformasiAktual.com – Menyambut Hari Amal Bhakti Ke- 78 yang diperingati setiap tanggal 03 Januari, Kementerian Agama Kepulauan Selayar bersama seluruh jajarannya menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya adalah melaksanakan Wisata Religi ke Pulau Bahuluang Kecamatan Bontosikuyu selama dua hari dari 11 hingga 12 Nopember 2023. 

        Dalam kegiatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama, H Nur Aswar Badulu melibatkan Ketua Dharma Wanita Persatuan dan anggotanya, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, para Kepala Seksi, Penyelenggara, Pengawas Madrasah dan RA, para Kepala Kantor Urusan Agama, Kepala Madrasah, Kelompok Kerja Madrasah, guru serta pegawai yang total keseluruhannya diperkirakan 100 orang.

      Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Selayar, Dr H Nur Aswar Badulu ketika dimintai keterangan persnya pada Kamis, 16 Nopember 2023 kemarin menyatakan,” Wisata Religi ini bertujuan menjalin silaturrahmi antar Keluarga Besar Kementerian Agama (Kemenag) dan sekaligus melepas kepenatan dan kejenuhan dari aktivitas kantor maupan kerja lapangan. Disamping itu, juga bertujuan untuk menjalin komunikasi dengan pemerintah dan masyarakat setempat serta membantu Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar dalam mempromosikan potensi wisata menuju Selayar Go International 2024 yang dicanangkan oleh Bupati, H Muh Basli Ali.

       Pada itinerary wisata religi ini dibuka oleh H Nur Aswar Badulu di Aula Kantor Desa Khusus Bahuluang pada pukul 14.00 Wita, Sabtu 11 Nopember dengan dihadiri oleh perangkat desa dan tokoh-tokoh masyarakat di Desa Bahuluang. Pada kesempatan itu, Laode Sumitro selaku Kades menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga atas inisiatif Kakan Kemenag dengan memilih Pulau Bahuluang sebagai tempat Wisata Religi selama dua hari.

       “Saya selaku Kepala Desa dan sekaligus mewakili seluruh masyarakat Bahuluang mengucapkan selamat datang di Bumi Gurita Bahuluang. Kami merasa senang dengan kehadiran Kakan Kemenag bersama ratusan jajarannya dengan memilih destinasi pantai yang berpasir putih lembut ini sebagai tempat untuk memulihkan dan melepaskan kepenatan serta kejenuhan selama bekerja di kantor.

       Laode Sumitro juga menilai bahwa kehadiran Kakan Kemenag, H Nur Aswar Badulu akan dapat membantu Pemerintah Desa Bahuluang untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Pulau Bahuluang ini. Jika semua yang datang ke Pulau Bahuluang pada hari ini bisa memposting melalui media sosial maka kami merasa yakin dan bahkan percaya,  ribuan orang diluar sana akan melihat keindahan alam dan panorama Pulau Bahuluang yang dikelilingi dengan pasir putih nan lembut selembut hatinya para calon wisatawan yang akan berkunjung ke Bumi Tanadoang ini.

        Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama, H Nur Aswar Badulu menaruh harapan positif terhadap Pemerintah Desa dan masyarakatnya untuk menyambut sekaligus menjawab dan memberikan solusi atau jalan keluar dari masalah-masalah keagamaan yang terjadi di desa ini. “Kehadiran kami adalah untuk melakukan silaturrahmi dengan pemerintah dan masyarakat sekaligus untuk memberikan solusi dan jalan terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan dan persoalan keagamaan ditengah-tengah masyarakat.” ujarnya.

       Selain wisata religi, Kakan Kemenag juga melakukan kegiatan “Kemenag Menyapa.” Kemudian dilanjutkan Pelatihan Penyelenggaraan Shalat Jenazah di Masjid Babul Khair Bahuluang. Disela-sela kegiatan ini pula, Kakan Kemenag bersama seluruh rombongan menyempatkan diri berkunjung ke semua destinasi wisata yang ada di Pulau Bahuluang. Diantaranya, Makam Karang, Jangkar Raksasa dan Gua Lipang.

       Dan pada malam harinya telah diisi acara seremoni Pelantikan Pengurus Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) dan arisan Dharma Wanita Persatuan.  Kemudian keesokan harinya, Minggu 12 Nopember 2023 pasca shalat subuh secara berjamaah juga dilanjutkan dengan aksi Bersih-Bersih Pantai disekitar penginapan para rombongan. Lalu senam bersama dan Lomba Lari Karung. 

      Kemudian pada siang harinya, sebelum bertolak kembali ke Kota Benteng ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar diisi dengan penyerahan bantuan berupa Al Qur’an yang diterima langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bahuluang, Dg Pasore serta ditutup dengan pengumuman lomba sekaligus penyerahan hadiah dan sesi foto bersama.

(M. Daeng Siudjung Nyulle/Humas Kemenag)