Tiga Rumah Warga Desa Cicadas Rusak Parah Kena Longsor Tujuh Rumah Lainnya Terancam

Daerah298 Dilihat

Reformasiaktual.com//Kabupaten Bandung Barat-
Tiga rumah warga di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terdampak bencana tanah longsor akibat hujan deras yang mengguyur kawasan kampung Citiis RT 02 RW 11 Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. pada Selasa (22/112023) Malam.

“Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor, yang terjadi di kampung Citiis Rt 02 Rw 11 Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat,” Ungkap Kapolsek Gunghalu IPTU Maman Maulana Ismail S.Pd, saat dihubungi.

Kapolsek Gununghalu IPTU Maman Maulana Ismail S.Pd, menerangkan kronologis kejadian,” pada hari Selasa, 22 November 2023, telah terjadi hujan deras yang menguyur dengan curah hujan yang tinggi, hingga sekitar jam 21.30 WIB terdengar suara gemuruh dan terjadilah tanah longsor hingga terdampak beberapa titik lokasi kejadian terkena bencana alam yang mengakibatkan tiga rumah penduduk terkena longsoran tanah rusak parah

“Tiga rumah yang rusak parah kena longsoran tanah beserta material batu menimpa rumah warga yakni milik

1 . An. Nurdin, 43 tahun, Buruh, kp citiis rt 02 rw 11 Desa Cicadas Kecamatan, Rongga Kabupaten Bandung Barat ( Rumah Rusak berat) kerugian total kurang lebih Rp. 80.000.000,- ( delapan puluh juta rupiah)

  1. An.Jaya, 63 tahun, buruh, kp citiis rt 02 rw 11 Desa Cicadas, Kecamatan Rongga dan An. Aceng, 40 tahun, buruh, kp citiis rt 02 rw 11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat ( 1 rumah 2 kepala keluarga, rumah rusak berat sebagian) Kerugian total kurang lebih Rp. 40.000.000,- ( empat puluh juta rupiah)
  2. An.Ahi. 60 tahun, buruh, kp. Citiis 02/11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Rusak ringan total kerugian kurang lebih sekitar Rp 10.000.000,- ( sepuluh juta rupiah).

Bukan hanya tiga rumah yang rusak ada 7 rumah yang terancam diantaranya atas nama,”

  1. Kiman, kampung Citiis Rt 02 Rw 11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat
    2 Sahidin, kampung citiis Rt 02 Rw 11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat
    3 Eros, Kampung Citiis Rt 02 Rw 11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat
    4 Hamdan, kampung Citiis Rt 02 Rw 11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat
    5 Supriadi, kampung Citiis Rt 02 Rw 11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat
    6 Dasep, kampung Citiis Rt 02 Rw 11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat
    7 Haman kampung Citiis Rt 02 Rw 11 Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat

Selain itu, lanjut Kapolsek IPTU Maman,” longsoran berupa material tanah dan batu dengan lebar 10 meter dan tinggi 70 meter terjadi di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang menyebabkan akses jalan antardesa tidak bisa dilalui.

Ia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiagaannya terhadap cuaca ekstrem dan mewaspadai potensi bencana alam berupa banjir, longsor, dan angin kencang yang dapat terjadi selama cuaca ekstrem,” pungkasnya.

Camat Rongga Agus menyatakan,” Pemerintah Kecamatan Rongga mendapat laporan bencana longsor di Kampung Citiis Desa Cicadas, dan kami sudah perintahkan Kasipem, MP untuk segera meluncur ke lokasi tempat kejadian sambil bawa bantuan,” Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, dan kita sudah lapor ke Sekda, BPD,” jelas Camat Rongga.

Camat Agus juga menuturkan untuk dilapangan warga masyarakat yang terkena sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Kebetulan di kecamatan Rongga ada lumbung sosial , Alhamdulilah untuk logistik kita masih aman untuk warga yang terdampak, dan diharapkan ada bantuan dari Dinsos dan bisa turun langsung melihat ke lokasi,” Tuturnya.

Camat Agus,” Kami juga sudah menghimbau baik secara langsung ataupun surat kepada seluruh masyarakat agar berhati hati menjelang musim penghujan terutama yang rumah rumahnya di dekat tebing, Tutupnya.

Kepala Desa Cicadas, Daman membenarkan sekitar jam 22,30 WIB adanya longsor diakibatkan hujan deras di Kampung Citiis Rt 02 Rw 11, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Desa Cicadas Daman juga menjelaskan bahwa bantuan dari dinas terkait sudah datang.
Untuk Bantuan dari pihak dinas terkait sudah datang, mungkin yang dibutuhkan sekarang sembako dan material untuk renovasi rumah terdampak longsor,” ungkapnya

Kepala Desa Daman juga menuturkan untuk para korban yang terdampak sementara di evakuasi di rumah Rt dan Rw terdekat,” Pungkasnya

Red ***