Hujan Lebat di Desa Sadangmekar Akibatkan Akses Jalan Kabupaten Sepertiga Tertutup Serta Dua Rumah Warga Kena Longsor

Daerah469 Dilihat

Reformasiaktual.vom//Kabupaten Bandung Barat-
Hujan lebat yang mengguyur Cisarua Kabupaten Bandung Barat, mengakibatkan tanah longsor di dua lokasi, melanda wilayah kampung Cisarua Hilir RT 03 RW 03 Desa Sadangmekar dan kampung Lewi gede RT 04 RW 05 Desa Sadangmekar, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat Akibatnya beberapa ruas akses jalan poros kabupaten maupun poros Desa tertutup material longsor maupun amblas. Selain itu dua rumah warga juga terkena dampak longsor dan saluran irigasi Lewi gede tertutup dan mengakibatkan terancam beberapa hektar sawah gagal panen.

Peristiwa tanah longsor itu terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 17,30 WIB, Material tanah longsor hingga menutup akses jalan kabupaten maupun poros Desa yang biasa digunakan warga masyarakat untuk beraktivitas ke kota, sekolahan maupun kantor pemerintah serta aktivitas lainnya, selain itu dilongsoran titik kedua irigasi tertutup mengakibatkan sawah tidak terairi bisa mengakibatkan gagal panen,” Minggu (03/11/2023)

Kepala Desa Sadangmekar Dede Paridi S.Ip, menyampaikan, bahwa kejadian bencana tanah longsor di dua wilayah Desa Sadangmekar, Kecamatan Cisarua Yakni di kampung Cisarua Hilir RT 03 RW 03 dan di kampung Lewi gade RT 04 RW 05 tanah longsor mengenai dua rumah milik Didin (53) dan Ahi (50).

Selain itu tanah longsor juga terjadi di titik kedua RT 04 RW 05 kampung Lewi gede, Desa Sadangmekar setinggi 50 meter lebar 400 meter, .titik longsor di RT03/RW023 Desa Sadangmekar mengakitkan kerang lebih 10 Hektar sawah terancam gagal panen tidak terairi, dikarenakan saluran irigasi tertutup longsoran tanah,” Jelasnya.

Dikatakan, untuk kejadian di Desa Sadangmekar, tanah longsor terjadi di belakang rumah milikDidin (53). Selain itu, tanah longsor juga menimpa dibawah depan rumah rumah Uhi (50) di Cisarua Hilir RT03/RW 03.

Tanah longsor juga terjadi di jalan kabupaten Padalarang Tagog Apu terusan Cisarua Lembang, sepertiga badan jalan tertutup material longsoran menutup akses jalan juga amblas dan saat ini sudah dalam penanganan masyarakat setempat dan juga Forkopimcam bersama BPBD Kabupaten Bandung Barat serta pihak terkait lainnya melakukan penanganan longsoran, dibantu aparat Desa dan masyarakat, dalam kejadian longsor tidak ada korban jiwa, kerugian materil masih dalam perhitungan, pungkasnya.

Journalist Aan iyus RA