Tanah Longsor di Paluta, Polsek Padang Bolak Hadir Evakuasi

TNI/Polri416 Dilihat

PADANG LAWAS UTARA – Polsek Padang Bolak melalui Pospol Batang Onang, hadir lakukan evakuasi bencana tanah longsor yang melanda Desa Pakkal Dolok Lama, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Selasa (19/12/2023) pagi.

Di mana, Polsek Padang Bolak, melalui Kapospol Batang Onang, Aipda Ridwan Siregar, dan Bhabinkamtibmas, Aipda Johan M Siregar, hadir guna membantu evakuasi material tanah longsor di desa di Paluta itu.

“Akibat insiden ini, arus lalu lintas di Jalan Lintas Sosopan-Batang Onang di Desa Pakkal Dolok Lama, masih terhenti,” kata Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, dalam rilis resminya.

Saat mendapat informasi terkait tanah longsor ini, lanjut Kapolres, kepolisian setempat dan pemerintah Kecamatan Batang Onang langsung berkoordinasi. Guna, menghadirkan alat berat (eskavator) ke lokasi.

Tak lama, sambung Kapolres, satu unit alat berat hadir di lokasi. Bersama masyarakat, kepolisian dan pemerintah kecamatan langsung melakukan proses pembersihan material longsor.

“Karena proses evakuasi material longsor masih berlangsung, untuk sementara arus lalu lintas masih terhambat. Pengguna Jalan belum bisa melintasi kawasan tersebut,” urai Kapolres.

Dalam kesempatan ini, Kapolres juga memohon maaf ke masyarakat atas terganggunya akses lalu lintas di kawasan tersebut. Kendati demikian, pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin agar evakuasi cepat selesai.

Kapolres juga menghimbau segenap masyarakat, untuk tetap waspada dan ekstra hati-hati ketika melintas di Jalan raya. Terutama di daerah rawan longsor. Mengingat, akhir-akhir ini acap kali terjadi hujan deras.

“Mana kala terjadi musibah bencana alam, kepada segenap masyarakat kami himbau untuk memberitahukan ke kami. Atau, bisa juga beritahu ke pemerintah setempat. Supaya, segera mendapat penanganan,” tukasnya.

Aks