Haul ke 232 Eyang Dalem Haji Kaputihan Cibaligo Berlangsung Khidmat

Daerah633 Dilihat

Reformasiaktual.com//Kabupaten Bandung Barat-
Haul secara istilah adalah peringatan setahun wafatnya seseorang ataupun ulama yang di jadikan agenda rutinitas dengan tujuan untuk mengenang dan menghormati perjuangannya, serta mengambil hikmah dan pelajaran dari kehidupannya, mengenang dan mempelajari karya-karya mereka sehingga umat Islam dapat lebih memahami ajaran Islam dan memperdalam pemahaman mereka terhadap agama.

Di sisi lain, disebutkan di dalam hadits, Rasulullah menganjurkan untuk berziarah sebagai pengingat kematian, relevansinya menegaskan hanya Allah Swt yang Maha kekal, semua manusia akan mati, tidak ada kehidupan yang abadi, dunia hanya sementara.

Berlandaskan hal tersebut masyarakat Desa Cihanjuang selenggarakan Haul ulama yang telah berjasa terhadap penyebaran agama Islam di wilayahnya yakni, Eyang Dalem Haji Kaputihan Lemah Suci Nagara Tengah Pakuwon Cibaligo.

Pada prosesinya, di kisahkan biografi sejarah hidup serta perjuangan selama Eyang Dalem Haji menyebarkan ilmu pengetahuan mengenai agama Islam sehingga bisa terpupuk dalam jiwa terangkat kembali ghirah terhadap pentingnya menjalankan perintah agama dalam kehidupan.

“Secara historis, Eyang Dalem Haji adalah ulama dan tokoh yang perlu dikenang dan layak diteladani oleh kita terutama untuk generasi sekarang,” ungkap Gagan Wirahma. Rabu (20/12/2023)

Lebih lanjut, Kepala Desa Cihanjuang tersebut mengatakan dengan acara haul, diharapkan biografi sejarah hidup serta perjuangan Eyang Dalem Haji Kaputihan bisa didengar dan di aplikasikan oleh masyarakat di dalam kehidupan sehari-hari sehingga mempengaruhi akhlak perilaku kepada yang lebih baik.

“Dan yang tidak kalah penting, acara Haul yang diselenggarakan ini tidak melanggar syariat Islam, karena banyak hikmah yang terkandung di dalamnya, Kita bisa silaturahmi, thalabul Ilmi, dan banyak lagi,” tuturnya.

Sementara diantara rangkaian acara haul, di isi dengan sambutan, Tausiyah serta pengajian dan acara lainnya. Sementara diantara pengisi Tausiyah di laksanakan oleh pimpinan pondok pesantren Miftahul Ulum, KH Ubaydillah, panjang lebar Kang Ubay (sapaannya) memaparkan tentang bagaimana seorang ulama yang telah berjasa terhadap penyebaran agama Islam melalui perjuangannya di jalan Allah SWT. Seperti biasa dengan karakteristiknya yang humoris Kang Ubay memberikan nuansa kocak sehingga membuat masyarakat yang menghadiri haul terhibur terutama kaum Ibu -ibu yang turut hadir mendominasi acara.

“Insya Allah, semoga, Do’a, shalawat dan pengajian ini bisa menjadi pahala untuk Almaghfurlah Eyang Dalem Haji dan menjadi kebaikan untuk kita semua,” Ujar Kang Ubay, di sela acara.

Haul tersebut, imbuhnya merupakan ajang silatuhrahmi yang dihadiri oleh Forkopincam, Kepala Desa Cihanjuang, Caleg Demokrat, para ulama pesantren, tokoh, sesepuh dan masyarakat, dan tambahnya, acara dilaksanakan di Maqom Karomah Eyang Dalem Haji di, Kp. Cibaligo Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

“Alhamdulillah acara dilaksanakan penuh khidmat, aman dan lancar, tidak ada unsur kampanye, murni pengajian, semoga mereka yang menghadiri Haul Akbar Maqom Karomah Eyang Dalem Haji mendapatkan barokah dari Allah Subhannawata’lla,” tandas Kang Ubay menutup pembicaraan.

(Asker RA)