Kapolres Pantau Langsung Tim Dokkes Polres dan Dinkes Periksa Kesehatan di Sejumlah TPS

TNI/Polri102 Dilihat


KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com – Tim medis dari Seksi Kedokteran Kepolisian dan Kesehatan (Dokkes) Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar bekerjasama dengan Tim Kesehatan Pemilu 2024 dari Dinas Kesehatan sekitar pukul 13.25 Wita siang tadi, Kamis 15 Februari mendatangi sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Benteng Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan.

Pemeriksaan kesehatan terhadap petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ini dipantau langsung Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, S.IK, M.M, M.IK dengan didampingi Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Komisaris Polisi (Kompol) Sahyudin dan Kepala Bagian Logistik (Kabag Log) Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sardan, SE.
Selain dari Kepolisian dan Dinas Kesehatan juga tampak mendampingi masing-masing, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Selayar, Nurul Badriah bersama stafnya serta Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Benteng, dr Frengky Wijaya.

Dihadapan Kapolres, sejumlah anggota KPPS mengaku sudah kelelahan dan belum mendapatkan waktu untuk tidur sejak pemungutan suara dimulai kemarin, Rabu 14 Februari 2024. Selain itu mereka juga mengakui jika dirinya tidak mau meninggalkan TPS sebelum seluruh proses rekapitulasi dan administrasi dianggap rampung dan selesai.

Kapolres Kepulauan Selayar mengungkapkan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi dan upaya pencegahan agar kejadian pada Pemilu yang mengakibatkan banyaknya petugas TPS sakit dan bahkan sampai meninggal dunia tidak terulang kembali.” ujarnya.

“Ini sesuai arahan Pimpinan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) agar kepolisian di daerah dapat mengantisipasi para petugas KPPS agar tetap sehat dan dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tadi saya perintahkan Seksi Dokkes Polres untuk berkoordinasi dengan Dinkes Kepulauan Selayar dengan menyiapkan peralatan kesehatan, obat, vitamin serta minuman multivitamin untuk dibagikan di TPS.“ imbuh Ujang Darmawan Hadi disela-sela kunjungannya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu, Nurul Badriah menyampaikan apresiasinya atas langkah dan upaya Polres Kepulauan Selayar bersama Dinkes atas kepedulian dan perhatiannya terhadap penyelenggara terbawah sebagai bagian dari dan kunci suksesnya Pemilihan Umum 14 Februari 2024.

“Saya melihat kegiatan ini memang diperlukan sebagai wujud perhatian pemerintah kepada KPPS maupun penyelenggara Pemilu lainnya yang hingga saat ini masih bekerja dan belum bisa beristirahat.” kata Nurul Badriyah.
Tampak sejumlah TPS yang dikunjungi Kapolres Kepulauan Selayar bersama Tim Kesehatan dari Dinkes antara lain, TPS 4 dan TPS 23 Benteng Selatan, TPS 21 dan TPS 26 Benteng serta beberapa TPS lainnya.

(M. Daeng Siudjung Nyulle/Humas Polres)