Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Toba Polres Tapsel, Kasat Lantas: Fokus Dikmas Lantas

TNI/Polri161 Dilihat

TAPANULI SELATAN – Kapolres, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, melalui Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP Dahnial Saragih, SH, MH, menerangkan, bahwa dalam Ops Keselamatan Toba 2024, pihaknya fokus pada pendidikan kemasyarakatan lalulintas (Dikmas Lantas).

“Yang mana, dengan fokus pada Dikmas Lantas ini, harapannya dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk lebih taat pada peraturan lalulintas,” ujar Kasat Lantas usai Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Toba 2024 di Lapangan Apel Mako Polres Tapsel, Rabu (13/03/2024) pagi.

Kasat mencontohkan, kegiatan ini meliputi penyuluhan keselamatan berlalulintas yang bisa saja menyasar pada Sekolah, tempat umum, maupun pangkalan angkutan umum dan becak bermotor lainnya.

“Operasi bertajuk Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas menyambut ‘Idul Fitri 1445 Hijriah ini kami khususkan pada pengguna Jalan. Harapannya, dapat menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalulintas,” urai Kasat.

Penindakan
Dalam Operasi ini pula, menurut Kasat, pihaknya juga memfokuskan pada beberapa poin penindakan. Misalnya, penindakan pada pengguna Jalan yang tidak memakai helm SNI, berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi melawan arus, pengendara yang menggunakan knalpot tidak sesuai spektek.

“Kami juga akan lakukan penindakan pada pengemudi dalam pengaruh alkohol, melanggar marka dan rambu lalulintas, pengendara di bawah umur, serta pengguna Jalan yang membawa kenderaan over dimension dan over load,” urai Kasat.

“Kendati ada penindakan, kami tetap mengedepankan upaya preemtif dan preventif pada Operasi yang akan berlangsung mulai 13 hingga 26 Maret nanti,” imbuh Kasat, selaku Perwira Apel itu menutup.

Sebagai informasi, adapun yang bertindak sebagai Pimpinan Apel yakni, Waka Polres Tapsel, Kompol Rahman Takdir Harahap, SH. Sedang yang bertindak sebagai Komandan Apel yakni, Ipda Samuel Jefri Hutapea, SH.

Tampak hadir, Asisten I Pemkab Tapsel, Hamdan Zen, SH. Asisten II Pemkab Paluta, Haholongan Siregar. Danramil 03/Sipirok, Kapten Inf Pahlawan. Wadanyon C Brimobdasu Sipirok, AKP M Darwin Rambe, SH.

Selanjutnya, Kabag Ops Polres Tapsel, Kompol Sisworo, SH, MH. Kepala Jasarharja Padangsidimpuan, Soni Sumono. Para Pimpinan OPD Kabupaten Tapsel dan Paluta. Serta, personel gabungan dari Pemkab Tapsel dan Paluta serta TNI-Polri.

Aks