Diskanak OKU Timur Menjadi Penyumbang Ikan Patin Terbanyak di Sumatra Selatan

Daerah38 Dilihat

OKU Timur – Pemerintahan Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur menjadi penyumbang produksi ikan patin terbanyak di Sumatera Selatan.

Hal ini dikatakan langsung Oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur Yuniharyanto S.ST melalui Kepala Bidang Perikanan Dedi Irawan S.P.t di ruang kerjanya.

“Alhamdulilah, OKU Timur bisa menjadi penyumpang 70% produk ikan patin terbanyak di Sumatera Selatan,” katanya. Selasa, (26/3/2024)

ia juga menjelaskan pencapaian ini terlihat dari hasil Produksi ikan yang ada Kabupaten OKU Timur pada Tahun 2023 yang mengalami peningkatan sangat pesat dengan ragam ikannya.

“Ikan yang kita produksi tersebut yakni mulai dari ikan patin yang berjumlah 43.013.90 ton pertahun, ikan nila berjumlah 3.681.97 ton, ikan Mas berjumlah 810.65, ikan bawal berjumlah 1.058.80 ton, ikan Lele berjumlah 6.822.36 dan ikan gurameh berjumlah 691.15 ton dengan jumlah total 56.078.827 ton,” terangnya.

Dikatakan Kabid Dedi, selain itu juga, pencapaian ini berkat kerja keras Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang berjumlah 266 Kelompok dan tersebar di 20 Kecamatan di OKU Timur.

“Selain Pokdakan, budidaya ikan ini juga di bantu dengan adanya Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) sebanyak 10 kelompok serta adanya dua Koperasi perikanan produk pakan,” jelasnya

Lanjut, kata dia, Di tahun 2021 Diskanak OKU Timur mendapat kegiatan kampung perikanan budidaya terutama untuk komoditi ikan patin,

“Sedangkan di tahun 2024 Diskanak OKU Timur disurve untuk kampung perikanan budidaya modern dan sasaran nya seluruh OKU Timur,” bebernya.

Dari hasil perikanan ini ia mengharapkan salah satu bentuk hilirisasi yang bisa mengurangi angka Kemiskinan Ekstrim dan ikut penanganan stunting di Kabupaten OKU Timur. (Rilis:Dery)