Polres Purwakarta Ikuti Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan Dan Produktivitas Pertanian Di Jawa Barat

TNI/Polri126 Dilihat

PURWAKARTA – reformasiaktial.com Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain diwakili Wakapolres, Kompol Ricky Ardipratama hadiri Rapat Koordinasi Ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, Pada Kamis, 18 April 2024.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Wakapolres, Kompol Ricky Ardipratama menyampaikan Polres Purwakarta siap mendukung target Jawa Barat menjadi salah satu daerah Swasembada Pangan Nasional.

“Kegiatan Kordinasi ketahanan pangan bertujuan untuk menstbilkan swasembada pangan yang ada di Jawa Barat. Untuk itu Polres Purwakarta mendukung kegiatan tersebut,” singkat Ricky.

Dalam rapat tersebut, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyampaikan hal yang harus diperhatikan dalam swasembada pangan.

“Ketahanan pangan harus kita perhatikan. Jika ingin bicara tentang swasembada pangan kita harus melihat realistis kestabilannya,” ucap Bey.

Menurutnya, kestabilan pangan bisa tercapai, salah satunya dengan melakukan pompanisasi.

“Kementerian Pertanian telah membebaskan pompaniasasi di Jawa Barat. Oleh karenanya kita bisa mengoptimalkan air demi hasil pangan khususnya padi,” jelas Bey.

Pompanisasi ini, kata Bey, difungsikan untuk Lahan Sawah Tadah Hujan. Sehingga Sawah Tadah Hujan ini menjadi penopang beras di Jawa Barat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman menyampaikan, berdasarkan Neraca pangan Provinsi Jawa Barat 2024 potensi produksi untuk beras mencapi 7,2 juta ton sedangkan kebutuhan Jabar adalah 6,8 juta ton. “Artinya Jabar punya potensi surplus beras,” katanya.

RN