Desa Kutamanah Berbenah dan Libatkan Masyarakat Setempat

DESA88 Dilihat

Purwakarta -reformasiaktual.com Pemerintahan Desa Kutamanah Kec. Sukasari Kab. Purwakarta, Jawa Barat galakkan pembangunan infrastruktur,

Kepala Desa Kutamanah, Asep Samsudin. Mengatakan kepada awak media bahwa melalui Dana Desa tahun 2024 Tahap I desanya telah merealisasikan amanat musyawarah desa (Musdes), sedangkan untuk pembangunan fisik (infrastruktur) di wilayahnya sudah. Mulai dikerjakan.

“Pada dasarnya realisasi pengalokasiannya adalah amanat hasil musyawarah desa (Musdes). Dimana dalam Musdes tersebut semua usulan dikaji dan diputuskan bersama, karena Musdes itu sendiri dihadiri oleh semua pihak termasuk para tokoh masyarakat,” jelas Kades.

Lebih lanjut ia menjelaskan termasuk untuk kegiatan pembangunan infrastruktur yang didanai dari anggaran Dana Desa (DD) tahap I ini. Dan pada saat Kades dikonfirmasi terkait hal ini, kegiatannya sedang dilaksanakan.

“Pembangunan fisik kali ini dialokasikan pada dua wilayah yang berbeda. Pertama kegiatan pembangunan drainase dan TPT yang dipusatkan di wilayah RW 04 Dusun II Kampung Talaga, dengan perincian
Volumenya adalah 196 M, dengan anggaran sebesar Rp 109.630.000,-. Dan kedua adalah pembangunan rabat beton yang dilaksanakan di Dusun III Kampung Ciputat RW 06. Anggaran yang disediakan sebesar Rp 72.120.000,- untuk volume pekerjaan panjang 125 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 0.12 meter,” tambah Kades yang dikenal ramah ini.

Masih menurut Kades, bahwasanya untuk pengerjaannya dikerjakan oleh warga dimasing-masing kegiatan tersebut dilaksanakan.

“Sudah menjadi kebijakan saya selaku Kepala Desa dan hal ini pun mendapat persetujuan dari semua warga, bahwa untuk pengerjaannya dilakukan oleh warga dimana kegiatan pekerjaan itu dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa memiliki & rasa tanggung jawab yang lebih baik,” ujarnya.

Hal ini selaras dengan yang dikatakan oleh salah satu warga RW 04 yang ditemui oleh awak media, Nana (45) membenarkannya.

“Pekerjaan Drainase & TPT di wilayah kami dikerjakan bersama-sama oleh warga setempat, sehingga hasilnya pun bisa dilihat bisa awet. Pekerjaan ini dilakukan oleh kami, untuk kami. Insha Allah kualitasnya sangat baik,” kata Nana.

( RN )