Peletakan Batu Pertama Pasar Desa Cipeundeuy Oleh Pejabat ( PJ) Bupati Bandung Barat

Daerah109 Dilihat

Reformasiaktual.com//Kabupaten Bandung Barat//
Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bandung Barat, Drs Arsan Latif M.Si, melakukan peletakan batu pertama, ground breaking pembangunan Pasar Desa Cipeundeuy,” Rabu (09/05/2024).

PJ Bupati Arsan Latif mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan Pasar Cipeundeuy merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan Kabupaten Bandung Barat pada umumnya. Untuk itu, dia meminta masyarakat mendukung pembangunan Pasar Cipeundeuy tersebut.

“Saya berharap masyarakat Kecamatan Cipeundeuy dan sekitarnya bisa ikut mendukung percepatan program pembangunan Pasar Cipeundeuy ini. Kami mohon maaf karena mungkin nanti akan ada aktivitas keluar masuk kendaraan proyek sehingga mengganggu aktivitas di jalan pada saat pelaksanaan,” jelasnya.

Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif menambahkan, Hari ini kita semua perlu berbangga bahwa ternyata membangun itu tidak harus selalu mengandalkan APBD dan tidak mengingatkan APBD Tetapi kalau memang kita semua berkeinginan untuk berkembang dan maju memang dibuka ruang aturan hal ini sudah terbukti yang dilaksanakan oleh bumdes, ” ucapnya.

Ia Mengatakan, Anugerah Karya Mandiri akan menggunakan dan manfaatkan Desa dan selanjutnya akan digunakan membangun pasar Desa tentunya hal ini adalah merupakan sesuatu hal yang harus kita Kawal, nanti dalam pekerjaan nya juga kita harus kawal.

“Dari awal kita persiapkan, administrasinya misalnya satu petak si A membayar berapa untuk jangka waktu berapa karena kewajiban yang harus didanai dalam perjanjian antara bumdes nanti dengan pedagang itu yang paling penting,” Tegasnya.

Untuk kedepannya, camat dan kades memiliki kerjasama atau pemanfaatan tetapi murni di dananya betul dari hasil penyewaan saya berharap ini bisa menjadi contoh untuk Desa-Desa lainnya, sehingga Bandung Barat nanti kita tidak menemukan lagi pasar tumpah.

“5 tahun ke depan Bandung Barat akan memiliki bumdes bisa lebih Mandiri bukan hanya itu saja yang bisa kita kelola masih banyak kegiatan-kegiatan lain, kami dari pemerintah pusat selalu mendukung bagaimana mengoptimalkan bumdes untuk membantu masyarakat.

“Saya minta Perumda Pasar Niaga terus mengedepankan upaya humanis dan dialogis dengan para pedagang dan masyarakat. Nantinya semua baik pedagang dan masyarakat agar ditampung dan difasilitasi,” pungkasnya.

Acara peresmian peletakan batu pertama, tersebut dihadiri oleh PJ Bupati Bandung Barat, Kadis Disperindag, Camat Cipendeuy, Kapolsek, Danramil, Prokopimcam, BPD, Lembaga Desa Karangtaruna , MUI, LPM, RT/RW, beserta tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Cipendeuy Rusmana Dismartika S Ip menyampaikan,” selamat datang di wilayah Desa Cipeundeuy, Pemerintahan Desa Cipeundeuy sangat bangga dan bersyukur dalam rangka pelaksanaan pembangunan peremajaan Pasar ini bisa dihadiri oleh Bapak PJ Bupati.

Terima kasih kepada semua unsur atas dorongan dan dukungannya, para lembaga Desa terutama dari BPD, LPM, ketua RT, RW dan IKD yang lainnya, apa yang kita tunggu-tunggu sampai sekarang ini bertahap sudah 1 tahun setengah.

“Proses perjalanan dari mulai masuk Pemdes meregulasi yang tadi disampaikan oleh badan usaha milik Desa Alhamdulillah pada hari ini sudah satu minggu berjalan sudah satu minggu perjalanan terlaksana dengan lancar,” tuturnya.

Berharap kepada para petugas Bumdes khususnya, mudah mudahan bisa berjalan dengan lancar sampai akhir tujuan, kami mengucapkan banyak terima kasih saya sangat bersyukur dan bangga bisa hadir di sini,Sebelum itu saya mohon arahan petunjuk supaya pembangunan bisa terlaksana dengan lancar yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMD),” harap Kades Cipeundeuy Rusmana Dismartika S IP

Team RA***