PEMKAB BANDUNG BARAT RAIH KEMBALI WTP KE 4

Daerah1005 Dilihat

Reformasiaktual.com//Bandung Barat-
Pemerintah Kabupaten Bandung Barat kembali mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023.

Predikat WTP diserahkan dalam kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan tentang laporan pengelolaan keuangan daerah tahun 2023 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Kepada PJ Bupati Bandung Barat ( Arsan Latif) Ketua DPRD (Rismanto), Sekda ( Ade Zakir) dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah ( BKAD) Heru Budi Purnomo serta serta Kepala Inspektorat Yadi Azhar hadir langsung dalam acara LHP BPK RI Perwakilan Jawa Barat di Kantor BPK Perwakilan Jawa Barat Jl Moch Toha Bandung, Rabu 22 Mei 2024.

Mendapatkan Laporan hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI perwakilan Provinsi Jawa Barat mengenai Laporan pengelolaan keuangan daerah kabupaten Bandung Barat, dengan predikat WTP. Sebagai PJ Bupati; saya mengucapkan banyak terima kasih pada BPK RI perwakilan Provinsi Jawa Barat, yang telah menyampaikan lansung pada saya (PJ Bupati Bandung Bandung Barat) dan Ketua DPRD. Agar kami tetap istiqomah dan selalu amanah dalam mengemban dan menjalankan tugas kami di wilayah kabupaten Bandung Barat khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah yang baik dan benar”. Tuturnya.

Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah Kabupaten Bandung Barat, dapat mempertahanln predikat WTP tersebut dan dengan kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Barat yang telah melaksanaan pengelolaan keuangan dengan baik.

Sebagaimana penyampaian PJ Bupati Bandung Barat (Arsan Latif) mengatakan pada media ,” Alhamdulillahi… Pemda Kabupaten Bandung Barat pada hari ini, di balik penerimaan WTP ada penilaian BPK yang mesti diselesaikan. Salah satunya soal Pasum dan Pasos yang harus segera diperbaiki,” banyak Pasos dan Pasum yang belum diberesin itu yang mesti saya percepat penyelesaiannya. contohnya dari target 10 sudah diambil 7 itu yang segera diselesaikan,” ungkapnya.

Torehan prestasi di masa kepemimpinannya yang relatif singkat ini, Arsan Latif mengakui berkat kerja keras tim seluruh Organisasi Perang Daerah (OPD) yang bekerja cepat. “Kita harus akui itu berkat kerja keras tim dan itu pekerjaan yang mesti dibenahi kembalikan kepada aturan juga. Alhamdulilan selama tiga bulan bisa terselesaikan,” Pungkasnya.

Ketua DPRD KBB, Rismanto bersyukur KBB masih bisa mempertahankan predikat WTP dari BPK RI. “Semua pihak terlibat termasuk DPRD yang hasilnya KBB bisa mempertahankan WTP BPK RI,” sebut Rismanto.

Namun yang terpenting, Rismanto menekankan agar segera menindak lanjuti soal saran BPK yang harus segera diselesaikan. “Jadi DPRD dengan Pak Bupati sudah berkomitmen yang menjadi catatan BPK dengan waktu sesingkat-singkatnya kurang dari 60 hari harus sudah selesai,” pungkasnya. ***

Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat (Rismanto), menyampaikan,” Alhamdulillah dan bersyukur,” kami ucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, yang kembali memperoleh predikat WTP atas pengelolaan keuangan daerah, Penyerahan LHP yang di berikan BPK RI, semua pihak ikut terlibat termasuk DPRD, dan hasilnya Kabupaten Bandung Barat bisa mempertahankan WTP, BPK RI,” terangnya.

Kepada Pemerintah Daerah ( Rismanto) berpesan ini merupakan amanat undang-undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan, pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Predikat WTP sekarang merupakan WTP ke 4 Berturut-turut yang di dapatkan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat

Ketua DPRD Bandung Barat (Rismanto) menekankan agar segera menindak lanjuti soal saran BPK yang harus segera diselesaikan. “Jadi DPRD dengan Pak PJ Bupati sudah berkomitmen yang menjadi catatan BPK dengan waktu sesingkat-singkatnya kurang dari 60 hari harus sudah selesai,” pungkasnya.

Sekda Kabupaten Bandung Barat ( Ade Zakir) juga menambahkan, “Kami ucapkan terima kasih kepada BPK RI, Perwakilan yang telah melakukan proses pemeriksaan dengan baik dan lancar serta memberikan Predikat WTP ke Empat kalinya kepada Pemda Bandung Barat dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah Tahun 2023. Alhamdullilah Pemda Bandung Barat masih bisa mempertahankan WTP dan ini bukan hasil super man tapi hasil supar team yang terlibat, predikat WTP merupakan prestasi bagi kita semua, untuk itu terus cermat dan tepat dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah, Insyaallah Bandung Barat akan lebih baik.

Aan iyus ***RA Red