PJ BUPATI PADANGLAWAS UTARA PATUAN RAHMAT SYUKUR P HASIBUAN,S.STP,MM JADI IRUP PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI HALAMAN KANTOR BUPATI PADANGLAWAS UTARA.

Daerah400 Dilihat

Padang Lawas Utara//ReformasiAktual.com, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Senin (03/06/2024).

Hadir dalam acara Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., Wakil Ketua DPRD Basri Harahap, Pabung Paluta 0212/TS Takbir Dahalu, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara Makmur Harahap, ST., MM., Dankipan C 123/RW, Danramil 05/PB, Kapolsek Padang Bolak, Para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Ketua MUI, Pimpinan Perusahaan BUMN, Ketua TP PKK Kabupaten Padang Lawas Utara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Padang Lawas Utara, Ibu-ibu Bhayangkari, Ibu-ibu Persit, Ibu-ibu Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, OKP, dan tamu undangan lainnya.

Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

“Pada hari ini tanggal 1 Juni 2024 kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK)” ujar beliau.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesian Emas 2045” mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Bupati juga mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai meja statis.

Beliau juga menjelaskan bahwa Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi pada saat ini pungkasnya.

“Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang berkerja, yang dirasakan kehadirannya dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia” pesan Bupati.

Diakhir acara, Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., didampingi Forkopimda Kabupaten Padang Lawas Utara menyerahkan penghargaan kepada pemenang terbaik Inovasi Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara.

Nomor Inovasi OPD Penanggungjawab Keterangan

  1. Sistem Pelayanan Secara Online Berbasis Android (Simpel Sobad) Disdukcapil Terbaik I
  2. Sistem Absensi Digital (Siabdi) BKPSDM Terbaik II
  3. Jemput Antar Aseptor (Jetor) Dinas P3AP2KB Terbaik III
  4. Aplikasi Bagas Data Dinas Kominfo Terbaik Harapan I
  5. Siap Jemput Antar ke Kecamatan (SiJantan) Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terbaik Harapan II
  6. Sistem Pelayanan Kecamatan Duduk Keliling (Sipakeduling) Kantor Camat Dolok Terbaik Harapan III.aks